Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas

Aplikasi Jual Beli Barang Bekas - Istilah barang bekas sekarang ini tidak selalu bermakna positif, sesuai dengan frasa yang mengatakan bahwa barang yang sudah tidak lagi berharga bagi seseorang bisa jadi merupakan harta karun bagi orang lain. Itulah kenapa barang bekas bisa menjadi sebuah produk yang kini bisa diperjualbelikan, atau istilah barunya adalah preloved.

Ada beberapa factor yang membuat sebuah barang menjadi barang bekas yang tak lagi berharga atau tidak lagi dipakai, misalnya seperti baju yang tidak muat lagi atau kebesaran, atau dikarenakan merasa tidak puas dengan barang yang dibeli secara online, baik karena kualitas, ukuran, warna, dan sebagainya.

aplikasi jual beli barang bekas

Semakin populernya jual beli barang bekas ini, membuat seseorang tidak langsung membuang barang yang tidak lagi diinginkan ke tempat sampah, namun asalkan barang tersebut masih layak pakai dan masih terlihat menarik, maka masih memiliki nilai jual dan tentunya diubah menjadi uang.

Maka dari itu, daripada membuang barang yang tak lagi diinginkan keberadaannya, sebaiknya dijual kembali saja ke beberapa aplikasi jual beli barang bekas.

Preloved, Kenapa Tidak

Preloved atau barang bekas kini masih menjadi incaran di dunia jual beli online. Dengan barang bekas ini, pembeli masih dapat menggunakan barang bekas dengan kualitas yang masih terjaha namun harga yang miring. Dengan maraknya tren jual beli preloved ini, maka masyarakat membantu memperpanjang umur penggunaan barang dan tentunya bisa mengurangi sampah. Aksi seperti ini tentunya bisa melestarikan bumi.

Meski preloved, kualitas barang menjadi salah satu standar yang perlu diperhatikan, sehingga meski bisa didapatkan dengan harga miring, namun kualitasnya tetap mirip dengan yang baru. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan memanfaatkan marketplace terpercaya yang sudah terkenal aman dan terpercaya dalam transaksi jual beli.

Jika dilihat dari jumlah penilaian baik yang didapat para penjualnya, dan review pembeli mereka. Jika kamu adalah salah satu pemburu barang bekas dengan kualitas terjamin, simak terus artikel ini hingga habis.

Aplikasi Jual Beli Barang Bekas

Carousell

Aplikasi jual beli barang bekas yang pertama masuk ke daftar saya adalah Corousell. Carousell adalah sebuah aplikasi yang juga merupakan marketplace yang cukup popular bagi mereka yang memburu alat makeup, fashion wanita, serta produk – produk preloved lainnya. Aplikasi jual barang bekas yang berbasis di Singapura ini tersedia bagi pengguna Android maupun iOS untuk transaksi jual beli barang bekas mereka.

FJB Kaskus

Aplikasi jual beli barang bekas yang kedua di daftar saya yaitu FJB Kaskus. FJB kaskus adalah ruang khusus Jual Beli online yang disediakan oleh Kaskus. Awal mulanya, Kaskus dikenal sebagai salah satu platform online yang menyediakan ruang untuk berbagai jenis forum diskusi dan menjadi tempat nongkrong virtual yang pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

Dengan menggunakan Kaskus, pengguna merasa saling ngobrol dengan teman baru maupun lama secara virtual. Topiknya pun sangat beragam. Namun, seiring berjalannya waktu, Kaskus mulai ramai dengan topic jual beli.

Untuk itulah penyedia platform memutuskan untuk membuat ruang khusus jual beli yang dinamakan FJB Kaskus atau Forum Jual Beli Kaskus. Inilah yang menjadi cikal bakal bermunculannya platform marketplace barang bekas secara online di Indonesia.

Instagram

Instagram memang salah satu platform media social yang paling popular se dunia, termasuk di Indonesia. Platform satu ini memungkinkan pengguna bisa tetap bersosialisasi secara virtual dengan sesama teman maupun kenalan baru.

Namun kini, penggunaan sebagai media social sudah semakin bergeser karena kebutuhan dan melesatnya era digital. Saat ini Instagram digunakan sebagai salah satu media pemasaran digital.

Baik sebagai platform untuk memasarkan produk berupa barang maupun jasa, atau sebagai platform untuk memasarkan produk orang lain seperti yang banyak dilakukan oleh para influencer atau akun yang menyediakan berita terkini dengan follower ribuan hingga jutaan.

Tinkerlust

Tinkerlust juga menjadi salah satu platform online untuk melakukan jual beli barang bekas yang berkualitas dan branded. Platform marletplace dengan symbol logo T berwarna pink dan dikelilingi beberapa dot kecil berwarna hitam ini memberikan kesan yang berkelas dan mewah.

Itulah yang menjadi USP atau Unique Selling Point dan yang membedakan Tinkerlust dengan platform jual beli barang bekas online lainnya. Dengan branding seperti itu, pengguna bisa langsung mengingat aplikasi Tinkerlust ketika ingin melakukan jual beli barang bekas branded yang tentunya mahal.

Bukalapak

Bukalapak dengan symbol branding berwarna merah menyala ini adalah salah satu marketplace yang menyediakan platform untuk semua orang yang ingin membuka lapak atau toko secara online. Semua jenis produk yang dapat dijual di Bukalapak pun beragam, mulai dari barang, jasa, dan produk digital. Bahkan kini, pengguna dapat melakukan jual beli barang baru maupun bekas juga di Bukalapak.

Platform marketplace satu ini merupakan marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia dan sudah IPO. Jadi bisa dibilang, platform satu ini adalah salah satu platform jual beli yang terbilang aman untuk melakukan transaksi online. 

Tokopedia

Tokopedia yang juga dikenal dengan sebutan ‘toko hijau’ merupakan salah satu marketplace paling popler dan merupakan yang terbesar se Indonesia. Meskipun Tokopedia bukan merupakan platform yang khusus menjajakan barang – barang kebutuhan premier hingga tersier seperti kebutuhan makanan pokok, fashion, hingga produk digital seperti tiket untuk travel dan entertainment, top up & tagihan. Namun, seiring berjalannya waktu, kini Tokopedia juga menjadi salah satu platform untuk melakukan jual beli barang bekas juga.

BelanjaBekas

BelanjaBekas adalah salah satu platform marketplace yang berada di bawah salah satu perusahaan distributor khusus barang elektronik. Konsep awal dari adanya marketplace ini awalnya hanya focus pada jual beli barang elektronik bekas. Namun kini, BelanjaBekas juga digunakan penggunanya sebagai salah satu penyedia aplikasi barang bekas yang menawarkan berbagai jenis barang termasuk otomitif, fashion, bahkan properti.

OLX

Aplikasi jual beli barang bekas yang selanjutnya adalah OLX. OLX ini bisa dibilang sebagai platform yang paling melekat di hati masyarakat Indonesia. Aplikasi ini adalah aplikasi terpopuler dan menjadi aplikasi pertama penyedia layanan jual beli barang bekas secara online dan sudah terpercaya.

Awalnya, OLX memiliki nama tokobagus.com yang mengalami pertumbuhan sangat pesat dalam membranding diri sebagai platform pasar online untuk melakukan transaksi jual beli barang bekas yang aman. Dengan OLX, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli alat – alat kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, hingga properti.

Prelo

Aplikasi jual beli barang bekas yang akan menutup daftar saya adalah Prelo. Prelo juga merupakan platform marketplace yang tak kalah popular dan dimanfaatkan sebagai aplikasi menjual barang bekas. Awalnya platform Prelo ini digunakan sebagai platform jual beli barang khusus wanita. Namun seiring berjalannya waktu, Prelo juga digunakan sebagai situs menjual barang – barang preloved.

Tak hanya itu, Prelo juga digunakan sebagai jasa jual beli produk dengan menggunakan layanan jastip atau jasa titip, bahkan menyediakan jasa persewaan barang, Aplikasi berbasis website ini dapat diakses di Prelo.co.id dan pengguna juga dapat mengunduh aplikasi mobile nya di Android maupun iOS.

Nah itulah sederet aplikasi jual beli barang bekas yang bisa anda pakai untuk melakukan penjualan atau pembelian. Semoga artikel saya mengenai aplikasi jual beli barang bekas dapat bermanfaat bagi anda. Semoga juga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih aplikasi yang cocok untuk anda. Saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung di situs helowi ini. 

Posting Komentar untuk "9 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas"