Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita

Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita - Melakukan kegiatan di pc merupakan sebuah keseharian bagi sebagian orang. Ketika orang melakukan kegiatan di pc mereka ingin privasi yang terlindungi serta aman. Keamanan ini sangat penting bagi kita sehingga kita sangatlah membutuhkan antivirus.

Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita

Apa itu AntiVirus ?

Nah apa itu antivirus ? Antivirus sendiri merupakan software aplikasi yang didesain atau dibuat untuk bisa melindungi serta menjaga sistem pc kita jika tiba tiba terjadi serangan cyber dari pihak luar atau eksternal. Serangan ini bisa melalui file yang kita unduh atau ketika kita mengakses suatu halaman yang berisi virus.

Selain itu virus juga bisa masuk menggunakan perangkat eksternal. Perangkat eksternal yang saya maksud seperti flashdisk atau kartu memori. Ketika kita menggunakan flashdisk sembarangan bisa jadi itu ada virusnya.

Anda ngga mau itu terjadi bukan?

Bagi sebagian orang yang tidak mengenal yang namanya virus akan menganggap ini hal sepele. Namun bagi orang-orang yang paham akan merasa virus adalah ancaman yang sangat besar. Karena virus ini dapat mencuri data kita, merusak komponen pc kita, dan memberatkan kinerja pc kita.

Dengan penjelasan yang saya tulis tadi mungkin akan membuka pikiran anda tentang Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita. 

Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

Mulai was-was takut pc kita sudah terserang virus?

Tenang aja kali, karena disini saya akan menjabarkan beberapa ciri yang bisa membuat patokan anda. Dengan begitu anda bisa mendiagnosa sendiri apakah pc anda sudah terkena virus atau belum. nah berikut ciri ciri pc terkena virus :

  • File file yang tadinya ada menjadi tidak ada (hilang sendiri)
  • File yang tadinya tidak terlihat (Masuk kedalam file hidden)
  • Pc kita sering restrat atau reboot secara sendiri
  • Pc kita terasa lebih lambat dari biasanya bahkan hingga sering crash
  • Pc kita meminta kita untuk menginstal ualng

Itulah ciri  ciri jika komputer kita terserang virus. Namun jangan panik, tenang saja karena semua ada solusinya. Solusinya ya menggunakan antivirus yang bisa mengatasi ini. Antivirus tuh udah banyak di pasaran. Tinggal search di google udah nemu.

Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita

Nah inilah yang kita tunggu tunggu. Untuk masuk ke pembahasan yang ini, saya harap anda sudah paham tentang konsep virus itu sendiri. Oke mari kita bahas tentang Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita. Berikut Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita :

  • Sebagai pencegahan terhadap adanya virus yang datang melalui internet maupun transfer file yang bersifat offline seperti flashdisk dan kartu memori.
  • Sebagai pencegah saat kita akan masuk kesitus yang berisi virus. Sehingga kita dapat kembali dan tidak mengunjungi situs tersebut. Biasanya antivirus premium akan memberikan kita notifikasi ketika kita akan membuka web web berbahaya.
  • Melindungi file file penting kita agar tidak rusak karena diserang oleh virus.
  • Sebagai pencegahan ketika pc kita telah terserang virus. Sehingga virus tidak menyerang file file yang lainnya.
  • Memberikan kita rasa aman saat melakukan aktivitas pc. Sehingga akan lebih leluasa dalam menggunakannya.

Banyak sekali pengguna pc tidak memperhatikan software antivirus mereka. Mereka sering sekali mengacuhkan tentang tanggal kadaluarsa antivirus itu. Hal ini sering sekali disepelekan, padahal ini adalah hal yang sangat penting.

Pengguna software antivirus sudah seharusnya mengecek secara berkala minimal sebulan sekali. Tentang apakah antivirus mereka berjalan seperti seharusnya atau tidak.

Untuk bisa mencari tau tentang hal itu anda bisa melakukan tips tips dibawah ini. 

  • Mengecek tanggal kadaluarsa di dalam menu pengaturan atau di menu. Biasanya antivirus menempatkan info ini tempat berbeda. Kamu tinggal cari saja. 
  • Jika saat mengecek ada notifikasi pembaruan atau update. Maka update saja, karena ini dapat membuat sodtware antivirus anda lebih cepat lagi.

Untuk mengecek apakah antivirus anda berjalan atau tidak. Anda bisa menggunakan langkah dibawah ini :

  • Cobalah untuk mengetik tanpa tanda petik di notepad anda.
  • “X5O!P%@AP[4PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*”
  • Lalu save file tersebut dengan kata belakang atau ekstension.com atau .exe
  • Setelah simpan, silahkan anda keluar dan kembali lagi untuk mengecek.
  • Jika file yang anda buat tidak ada, anda tidak perlu risau karena antivirus berjalan seperti seharusnya. Namun jika file itu masih ada , anda harus mengganti atau mengupdate software antivirus anda.

Nah begitu saja pembahasan saya mengenai Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita.

Semoga artikel ini dapat menjawab anda tentang pertanyaan Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita.  Selain itu saja juga berharap agar anda dapat paham tentang bahanya virus ini. Sehingga dapat berhati hati lagi. Saya helowi ucapkan terimakasih

BACA JUGA : Bagaimana Proses Pembuatan Software

helowi
helowi Helowi adalah blog yang memuat berbagai informasi dan ilmu ilmu yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengapa Kita Perlu Menginstal Antivirus Di Pc Kita"