Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Proses Pembuatan Software yang Baik ?

Bagaimana Proses Pembuatan Software - Menjadi pengembang software di masa kini sangat keren dan sering di idamkan oleh banyak orang. Karena sekarang mulai banyak orang yang sadar bahwa dunia digital itu sangat penting. Bisa dibilang pemikiran orang kini lebih terbuka lagi terhadap kemajuan teknologi.

Pengembangan software tidak lah semudah hanya membikin barisan program saja. Banyak sekali aspek yang harus diperhatikan oleh para programmer. Karena banyak sekali para progammer pemula atau coder pemula yang melewati beberapa tahap penting dalam membuat sebuah software yang bagus.

Bagaimana Proses Pembuatan Software

Disini saya akan memberikan informasi serta mengingatkan kepada anda bahwa ada tahapan penting ini. Sebaiknya anda tidak melewati berbagai proses penting dalam mengembangkan software ini. Serta, diartikel ini saya akan memberikan jawaban untuk pertanyaan “ Bagaimana Proses Pembuatan Software”. Nah berikut tahapan penting bagaimana proses pembuatan software.

BACA JUGA : Software Komputer Yang Banyak Digunakan Dalam Desain Pembuatan Poster Adalah

SDLC (Software Development Life Cycle) from Codesera

Jika anda bertanya “ Bagaimana proses pembuatan software ? “ SDLC adalah jawabannya. SDLC (Software Development Life Cycle) jika di bahasa indonesia kan adalah siklus hidup yang ada dalam pengembangan software. Siklus ini sangatlah penting dalam dunia pemrograman software.

Segala siklus yang ada di SDLC memiliki pengaruh satu sama lain. Sehingga jika anda programmer anda seharusnya tidak boleh melewatkan tahapan apapun di sini. 

Bagaimana Proses Pembuatan Software 

Nah daripada basa basi terus, mari kita ke langsung inti poinnya. Berikut tahapan penting yang ada di SDLC :

Ideation and Planning

Dalam tahapan ini anda diharuskan untu brainstroming tentang ide ataupun masalah yang sering terjadi oleh user. Dengan melakukan brainstroming ini anda akan mudah dalam menentukan kebutuhan pasar. Tahapan ini sangat penting karena akan menentukan siapa saja target market anda.

Tahapan ini tidak boleh dilewatkan oleh para pengembang software. Karena jika dilewatkan akan memberikan dampak buruk terhadap software yang sedang anda bangun. Ga mau kan ? Maka dari itu anda harus melakukannya.

Analysis Requirements

Pada tahapan ini komunikasi akan sangat penting dilakukan oleh pengembang software dengan end user/stakeholder. Dengan begitu akan memudahkan anda dalam mengerti apa saja yang dibutuhkan. Sehingga anda dapat menentukan perangkat device yang cocok.

Selain itu, proses ini juga akan memberikan gambaran ke pengembang software. Seperti apa saja fitur yang harus ada di sini, tampilannya harus bagaimana, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan ini anda akan bisa membuat software yang dibutuhkan oleh user. Untuk mengumpulkan tentang hal seperti ini anda bisa melakukan survei ataupun berbincang-bincang dengan end user anda.

Design and Prototyping

Pada proses ini seorang UI/UX sangat di butuhkan sekali. Karena tahapan Design dan Prototyping ini harus menggabungkan gagasan UI/UX. Sehingga mereka dapat membuat interface atau tampilan yang sesuai berdasarkan selera end user.

Di tahap ini seorang UX akan menganalisa dari sudut pandang end user. Sehingga UX Designer bisa menentukan bagaimana softwarenya dapat sesuai dengan selera pengguna. Sedangkan UI Designer akan menentukan tampilan software yang ia rasa akan cocok dan mudah digunakan oleh penggunanya dan juga dapat memudahkan teknisi yang akan menggarap ini.

Software Development

Jika anda rasa proses riset pasar sudah sesuai, anda bisa beralih ke tahapan ini. Tahapan ini akan sangat melibatkan engineer. Karena di tahapan ini pengembang software akan mulai memprogram softwarenya.

Pada tahapan ini bagian front- end dan back-end akan memegang alih tahapan ini. Mereka akan memutar otaknya untuk bisa melewati tahapan ini. proses ini memang merupakan proses yang sulit.

Karena ditahapan ini Front-end akan mulai mengembangkan tampilan situs yang akan melibatkan bahasa pemrograman seperti CSS, Java Script dan HTML. Sehingga ia dapat memberikan tampilan yang sesuai porsinya / komposisinya. Adapun yang harus dipastikan seperti ukuran huruf, warna huruf, isi kontennya dan masih banyak lagi.

Sedangkan Back-end akan memastikan bahwa software ini dapat berfungsi sesuai seharusnya. Back-end akan mengontrol dari sisi database, sistem, dan servernya. Back-end biasanya menggunakan  bahasa pemrograman seperti Phyton, PHP, dan Ruby.

Testing

Testing merupakan tahapan yang cukup penting. Pada tahapan ini software yang telah jadi akan di uji ulang dan akan evaluasi. Biasanya para pengembang software melakukan versi beta yang ditunjukkan untuk testing software mereka.

Anda harus memastikan bahwa software yang telah dibuat sesuai dengan prototype yang ditentukan. Karena jika fitur yang telah ditentukan tidak seperti seharusnya anda akan kehilangan calon user. Di samping itu anda juga harus memastikan kekuatan sistem dan kekuatan device. Jika dirasa sudah layak anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Deployment

Setelah proses pengembangan yang panjang telah dilakukan dan software sudah layak. Maka anda sudah bisa meluncurkannya. Anda bisa menggunakan cara anda sendiri dalam meluncurkannya. 

Maintenance and Update

Tak hanya selesai disitu saja, tahapan SDLC pun masih ada lagi. Tahapan SDLC ini adalah Maintenance dan Update. Tahapan ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa software anda selalu berjalan sesuai dengan seharusnya. Dan juga perbaikan diperlukan karena tidak ada software yang sepenuhnya sempurnya. 

Saat telah melucurkan software anda, akan ada berbagai bug yang terjadi. Sehingga anda harus sering mengupdatenya. Untuk menjaga kelangsungan software dan agar tidak kehilangan user anda.

Kesimpulan

Nah itulah bagaimana proses pembuatan software yang baik. Jika anda melakukan sesuai tahapan yang diatas kemungkinan anda akan menghasilkan software yang sangat baik. Memang jika dilihat proses pembuatan software ini sangat rumit dan membutuhkan waktku dan tenaga yang ekstra.

Nah bagi anda yang telah memulai jangan ragu untuk terus melakukannya. Karena sesuatu yang anda lakukan dengan baik dan konsisten akan memberikan dampak positif bagi anda. Tetap semangat menjalani proses pembuatan software ini dan jangan menyerah.

Segitu saja artikel mengenai bagaimana proses pembuatan software ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan anda tentang “ Bagaimana Proses Pembuatan Software ”. Dan saya harap juga anda dapat membuka pikiran untuk bisa melakukan sesuai seharusnya. Karena segala proses diatas sangat penting untuk dilakukan. Saya helowi ucapkan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

helowi
helowi Helowi adalah blog yang memuat berbagai informasi dan ilmu ilmu yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Proses Pembuatan Software yang Baik ?"