who pada e commerce

0Shares

Pemain utama dalam ranah e-commerce adalah beragam entitas dan individu yang terlibat dalam ekosistem perdagangan elektronik. Ini termasuk:
1. Konsumen: Mereka adalah pengguna yang melakukan pembelian produk atau jasa secara online melalui platform e-commerce.
2. Penjual: Merupakan individu atau bisnis yang menjual produk atau jasa melalui platform e-commerce.
3. Penyedia Platform E-commerce: Ini adalah perusahaan yang menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk memfasilitasi perdagangan online antara penjual dan konsumen. Contohnya, perusahaan seperti Amazon, Alibaba, Tokopedia, dan Lazada.
4. Penyedia Layanan Logistik: Mereka adalah perusahaan atau agen yang bertanggung jawab untuk mengatur pengiriman produk dari penjual ke konsumen. Beberapa contoh penyedia layanan logistik adalah Gojek, Grab, dan JNE.
5. Penyedia Layanan Pembayaran: Mereka adalah entitas yang menyediakan solusi pembayaran online yang aman dan terpercaya untuk transaksi e-commerce. Contoh layanan pembayaran termasuk PayPal, GoPay, dan OVO.
6. Penyedia Layanan Keamanan dan Perlindungan Konsumen: Mereka adalah perusahaan yang menyediakan solusi keamanan online untuk melindungi konsumen dan penjual dari penipuan atau aktivitas yang merugikan. Contoh perusahaan ini termasuk Veritrans dan McAfee.
7. Penyedia Layanan Internet dan Telekomunikasi: Mereka adalah perusahaan yang menyediakan infrastruktur dan akses internet yang dibutuhkan untuk beroperasinya platform e-commerce. Beberapa pemerhati ini termasuk Telkom, Indosat, dan XL Axiata.
Semua entitas ini saling terhubung dalam ekosistem e-commerce untuk memfasilitasi pertukaran barang dan jasa melalui platform online yang mudah diakses oleh konsumen.

BACA JUGA :   apa itu e commerce system

Leave a Reply