where big data comes from

0Shares

Big data berasal dari berbagai sumber, mulai dari platform media sosial, perusahaan teknologi, aplikasi mobile, hingga peralatan yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Data yang dihasilkan dari interaksi manusia dengan platform online seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn menjadi sumber data penting yang dikumpulkan dan dianalisis untuk menghasilkan big data.

Disamping itu, perusahaan teknologi seperti Google, Amazon, dan Microsoft juga ikut berperan dalam menghasilkan big data melalui produk dan layanan mereka. Misalnya, mesin pencari Google mengumpulkan data dari miliaran pengguna yang mencari sesuatu di internet setiap hari. Sementara itu, Amazon menghasilkan big data dari aktivitas penjualan dan pembelian di platform e-commerce mereka.

Tidak hanya itu, aplikasi mobile juga menjadikan kontribusi besar dalam penghasilan big data. Jutaan pengguna smartphone di seluruh dunia menghasilkan data ketika mereka menggunakan aplikasi seperti Google Maps, Spotify, Instagram, dan aplikasi pemesanan makanan. Setiap kali pengguna menggunakan aplikasi tersebut, data seperti lokasi, preferensi musik, foto, dan riwayat pesanan dikumpulkan dan digunakan untuk analisis lebih lanjut.

Terakhir, Internet of Things (IoT) juga memberikan kontribusi besar dalam menghasilkan big data. Sensor yang terpasang pada peralatan rumah tangga, kendaraan, atau bahkan infrastruktur kota seperti lampu jalan, memungkinkan pengumpulan data secara real-time. Contohnya, sensor pada smart meter listrik dapat menghasilkan data tentang konsumsi energi harian pengguna. Data ini kemudian dapat dikumpulkan bersama dengan data sensor lainnya untuk menghasilkan big data yang dapat digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan.

Secara keseluruhan, big data berasal dari berbagai sumber, mulai dari interaksi manusia dengan platform online, aktivitas dalam aplikasi mobile, hingga data yang dihasilkan oleh Internet of Things. Data ini kemudian dapat diproses, dianalisis, dan dimanfaatkan untuk menghasilkan wawasan yang berharga dalam berbagai industri.

BACA JUGA :   what is granular on big data

Leave a Reply