what make data file big oracle

0Shares

Ada beberapa faktor yang dapat membuat ukuran file data besar dalam Oracle:

1. Jumlah Data: Semakin banyak data yang disimpan dalam database Oracle, semakin besar ukuran file data. Jika database menyimpan banyak tabel, kolom, dan entitas lainnya, maka ukuran file data akan bertambah.

2. Tipe Data: Jenis data yang disimpan juga mempengaruhi ukuran file data. Misalnya, menyimpan data teks sederhana akan memerlukan ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan menyimpan gambar atau video.

3. Indeks: Oracle menggunakan indeks untuk meningkatkan kinerja penelusuran data. Namun, indeks ini juga mempengaruhi ukuran file data karena memerlukan ruang tambahan untuk menyimpan informasi yang diperlukan untuk penelusuran.

4. Fragmentasi: Jika data dalam file Oracle menjadi terfragmentasi, di mana data terpisah-pisah dan tersebar di berbagai blok penyimpanan, maka ukuran file akan meningkat karena ruang ekstra diperlukan untuk menyimpan informasi lokasi data.

5. Redo Log: Redo log adalah log yang mencatat semua perubahan yang terjadi pada database. Ukuran file redo log akan bertambah secara bertahap saat lebih banyak perubahan terjadi pada database.

6. Kompressi dan Enkripsi: Menggunakan mekanisme kompresi atau enkripsi dalam Oracle juga dapat mempengaruhi ukuran file data. Secara umum, kompresi dan enkripsi memerlukan ruang tambahan untuk menyimpan data yang dikompres atau dienkripsi.

7. Riwayat Transaksi: Oracle dapat menyimpan riwayat transaksi untuk tujuan pemulihan dan audit. Jika riwayat transaksi disimpan dalam database, maka ukuran file data akan meningkat seiring dengan jumlah transaksi yang terjadi.

Semua faktor ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan ukuran file data dalam Oracle. Pemahaman yang baik tentang faktor-faktor ini membantu dalam perencanaan dan pengaturan skema database yang efisien.

BACA JUGA :   how to master big data analytics ppt

Leave a Reply