what is the difference between big data and analytics

0Shares

Big data dan analitik adalah dua konsep yang berbeda dalam dunia teknologi game. Big data mengacu pada proses pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data dalam skala yang sangat besar. Data yang dikumpulkan dapat berasal dari berbagai sumber seperti pemain, perangkat keras, aplikasi, dan banyak lagi. Sifat utama dari big data adalah kuantitasnya yang besar dan diversitasnya yang luas.

Sementara itu, analitik berkaitan dengan pemahaman, pemodelan, dan interpretasi data untuk mendapatkan wawasan yang berguna. Dalam konteks game, analitik digunakan untuk menggali informasi tentang perilaku pemain, kesuksesan atau kegagalan suatu fitur atau mekanik permainan, tren pasar, dan banyak lagi. Analitik memungkinkan pengembang game untuk membuat keputusan berdasarkan fakta dan bukti yang ditemukan melalui data yang dikumpulkan.

Perbedaan utama antara big data dan analitik adalah fokusnya. Big data berfokus pada pengumpulan dan pengolahan data dalam skala besar, sementara analitik berfokus pada interpretasi dan penerapan data untuk tujuan tertentu. Big data adalah fondasi yang diperlukan untuk menghasilkan analitik yang bermakna. Dalam industri game, kedua konsep ini bekerja bersama-sama untuk membantu pengembang memahami pemain, meningkatkan pengalaman mereka, dan meningkatkan kesuksesan game.

BACA JUGA :   how to sampling big data

Leave a Reply