what is product mapping in e commerce

0Shares

Pemetaan produk dalam e-commerce merupakan proses penting dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang terbaik bagi pelanggan. Konsep ini melibatkan penciptaan koneksi antara produk yang dijual dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Pemetaan produk ini melibatkan pengelompokan produk ke dalam kategori-kategori yang relevan, membuat deskripsi produk yang atraktif, serta membuat tautan dan relasi antara produk yang serupa. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan pelanggan menemukan produk yang mereka cari dengan lebih mudah dan cepat di situs e-commerce.

Dalam melakukan pemetaan produk, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Pertama adalah penyusunan kategori produk yang logis dan intuitif. Hal ini akan membantu pelanggan mengenali dan memahami di mana mereka harus mencari produk yang mereka inginkan. Misalnya, jika situs e-commerce menjual pakaian, kategori dari produk tersebut bisa mencakup jenis pakaian, ukuran, atau bahkan merek.

Selain itu, deskripsi produk yang lengkap dan informatif juga penting untuk dicantumkan. Dalam deskripsi ini, perlu disertakan fitur-fitur produk, spesifikasi teknis, ukuran, dan segala informasi penting yang harus diketahui oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli. Deskripsi produk yang baik akan memberikan gambaran yang jelas tentang produk tersebut kepada pelanggan potensial.

Terakhir, pemetaan produk juga melibatkan pembuatan tautan dan relasi antara produk yang serupa. Hal ini memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk menemukan produk alternatif dengan mudah. Misalnya, jika seseorang sedang melihat sepatu olahraga, maka di halaman tersebut juga akan ditampilkan sepatu olahraga lain yang mungkin menarik minat sang pelanggan.

Dengan dilakukannya pemetaan produk yang baik, pelanggan akan lebih mudah menavigasi situs e-commerce dan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Hal ini juga akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, sehingga berpotensi meningkatkan pembelian dan loyalitas pelanggan terhadap situs e-commerce tersebut.

BACA JUGA :   mengapa bandwdith web server menjadi issue penting dalam e-commerce

Leave a Reply