what is mobile commerce

0Shares

Mobile commerce atau yang biasa disebut sebagai m-commerce merujuk pada proses transaksi dan aktivitas perdagangan yang dilakukan melalui perangkat mobile, seperti ponsel pintar atau tablet. Ini mencakup pembelian produk dan layanan, pengiriman dan pembayaran, serta interaksi antara pelanggan dan penjual melalui perangkat mobile.

Dalam era digital yang semakin maju ini, m-commerce telah merubah cara kita membeli dan menjual produk atau layanan. Melalui aplikasi yang ada di ponsel pintar kita, kita dapat dengan mudah menjelajahi berbagai produk, membandingkan harga, membaca ulasan, dan bahkan melakukan pembelian langsung dengan hanya menggunakan ponsel kita. Dengan adanya teknologi ini, menjadi lebih mudah bagi pelanggan untuk berbelanja kapan saja dan di mana saja.

M-commerce juga memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis. Dengan adanya platform m-commerce, mereka dapat menyentuh pasar yang lebih luas dan mencapai pelanggan potensial yang sebelumnya sulit dijangkau. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti notifikasi push atau promo khusus yang dapat dikirim langsung ke ponsel pelanggan, sehingga meningkatkan peluang konversi penjualan.

Selain pembelian produk, m-commerce juga melibatkan berbagai aktivitas lain seperti pembayaran tagihan, transfer uang, atau pemesanan tiket. Melalui aplikasi perbankan atau dompet digital, pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi keuangan langsung dari ponsel mereka tanpa harus menggunakan uang tunai.

Keamanan juga menjadi faktor yang sangat penting dalam m-commerce. Dalam menghadapi potensi ancaman seperti pencurian identitas atau penipuan online, pihak-pihak yang terlibat dalam m-commerce harus mengimplementasikan sistem keamanan yang canggih untuk melindungi data dan informasi pelanggan, serta memastikan transaksi yang aman dan terpercaya.

Secara singkat, mobile commerce adalah bentuk perdagangan dan transaksi yang dilakukan melalui perangkat mobile, dan telah membawa revolusi dalam cara kita berbelanja dan melakukan transaksi keuangan. Melalui m-commerce, para pelanggan dapat dengan mudah membeli produk dan layanan, sementara pelaku bisnis dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan mereka.

BACA JUGA :   bagaimana pengaturan e commerce di indonesia

Leave a Reply