what is edifact in e-commerce

0Shares

EDIFACT (Electronic Data Interchange For Administration, Commerce, and Transport) adalah sebuah standar internasional yang digunakan untuk pertukaran data elektronik dalam industri komersial dan e-commerce. Dikembangkan oleh Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa pada tahun 1987, EDIFACT menciptakan format data yang dapat diterima dan dipahami secara konsisten oleh sistem komputer yang berbeda di seluruh dunia.

Dengan menggunakan EDIFACT, pelaku bisnis dapat mengirimkan dokumen-dokumen komersial seperti faktur, pesanan pembelian, konfirmasi pengiriman, dan lain-lain secara elektronik, yang memungkinkan pertukaran informasi yang cepat dan efisien antar mitra bisnis. Dalam konteks e-commerce, EDIFACT menjadi penting karena memungkinkan pengiriman pesanan, pembayaran, dan pertukaran data lainnya dalam bentuk yang terstruktur dan dapat diotomatisasi.

EDIFACT menggunakan format teks yang berbasis tag, di mana setiap elemen data diberi label atau tag yang disebut delimiter. Ini memungkinkan sistem komputer untuk mengenali dan memahami setiap elemen data, menguraikannya, dan memprosesnya secara otomatis.

EDIFACT juga mendukung penggunaan kode terstandardisasi, seperti kode produk atau kode negara, yang memudahkan pengolahan data dalam konteks perdagangan internasional. Selain itu, standar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis khusus melalui penggunaan segmen-segmen tambahan yang disebut segment group dan data element composite.

Dalam sebuah transaksi e-commerce, EDIFACT digunakan sebagai sarana untuk mengintegrasikan sistem perusahaan dengan mitra bisnisnya, memastikan informasi yang akurat dan konsisten dikirim dan diterima secara otomatis. Hal ini membantu mengurangi kekeliruan manusia, menghemat waktu, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan adopsi e-commerce yang semakin luas, EDIFACT tetap menjadi standar yang relevan dan digunakan oleh banyak perusahaan di berbagai sektor industri. Ia memainkan peran penting dalam memfasilitasi pertukaran data elektronik yang aman, andal, dan efisien dalam lingkungan bisnis modern.

BACA JUGA :   apa hubungan antara keamanan dan etika dalam e commerce

Leave a Reply