what is big data and why is important binus

0Shares

Big data adalah istilah yang mengacu pada set data yang sangat besar dan kompleks yang sulit diolah menggunakan alat dan teknik tradisional. Data ini dapat mencakup berbagai sumber seperti transaksi bisnis, interaksi pengguna, data sensor, media sosial, dan banyak lagi.

Pentingnya big data di BINUS dapat dilihat dari berbagai aspek. Pertama, BINUS sebagai perguruan tinggi teknologi modern juga menghasilkan data dalam jumlah sangat besar. Data tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren dan pola yang dapat membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kedua, big data juga penting dalam perspektif pengembangan akademik. Dengan menganalisis data mahasiswa, BINUS dapat memahami perilaku dan preferensi mereka sehingga dapat mengoptimalkan kurikulum dan penawaran program studi. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari pengalaman belajar mereka.

Selain itu, big data juga memainkan peranan penting dalam mengelola layanan BINUS. Dengan menganalisis data menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI), demografik pengguna, preferensi, dan tren dapat diidentifikasi. Hal ini memudahkan BINUS dalam menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu atau kelompok mahasiswa.

Selanjutnya, big data dapat membantu BINUS dalam melakukan analisis penelitian dan perkembangan teknologi. Dengan mempelajari tren dan inovasi terkini, perguruan tinggi dapat mengembangkan program dan riset yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Data yang dikumpulkan juga dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi kolaborasi dengan perusahaan dan lembaga lainnya.

Kesimpulannya, big data adalah kumpulan data yang besar dan kompleks yang dapat memberikan wawasan berharga bagi BINUS dalam meningkatkan kualitas pendidikan, pengembangan akademik, pengelolaan layanan, dan penelitian serta perkembangan teknologi. Dengan memanfaatkan big data secara efektif, BINUS dapat menjadi pemimpin dalam menerapkan teknologi dan memenuhi kebutuhan khusus stakeholder-nya.

BACA JUGA :   apa itu big data dalam basis data

Leave a Reply