what is big data and secure devops

0Shares

Big data merujuk pada jumlah data yang sangat besar dan kompleks, yang tidak dapat diolah dengan menggunakan metode dan alat tradisional. Data yang termasuk dalam kategori big data memiliki volume yang sangat besar, kecepatan masuk yang tinggi, dan variasi yang kompleks dalam hal format dan struktur. Pertumbuhan eksplosif data dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan tantangan baru dalam hal pengumpulan, penyimpanan, analisis, dan pengambilan keputusan terkait data.

Secure DevOps adalah pendekatan dan praktik pengembangan perangkat lunak yang menggabungkan aspek keamanan (secure) dan operasional (ops) dalam proses pengembangan dan pengelolaan aplikasi atau produk. DevOps sendiri adalah pendekatan yang menyatukan tim pengembang (developer) dengan tim operasi (operations) untuk bekerja secara terintegrasi dan kolaboratif dalam siklus pengembangan perangkat lunak.

Dalam konteks Secure DevOps, aspek keamanan perlu dipertimbangkan secara menyeluruh sepanjang siklus pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak. Tujuan utama Secure DevOps adalah untuk menghadirkan solusi yang aman, andal, dan responsif dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kerentanan sedini mungkin, mengadopsi praktik keamanan terbaik, dan menjaga keamanan perangkat lunak selama siklus hidupnya.

Secure DevOps menyediakan kerangka kerja yang memungkinkan pengembang untuk membangun keamanan ke dalam tahap pengembangan awal, mengotomatiskan pengujian keamanan secara kontinu, menerapkan kontrol akses yang ketat, memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan, dan mengamankan aplikasi dan infrastruktur dari ancaman keamanan internal maupun eksternal.

Dengan menerapkan Secure DevOps, organisasi dapat meningkatkan kecepatan pengiriman perangkat lunak, meningkatkan responsifitas terhadap perubahan permintaan, mengurangi risiko keamanan, dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap aplikasi atau produk yang dikembangkan.

BACA JUGA :   apa itu big data dan machine learning

Leave a Reply