siapa yang mengembangkan sejarah web pertama kali

0Shares

Sejarah web dimulai dengan adanya penemuan dan perkembangan teknologi komputer secara keseluruhan. Namun, dalam konteks pengembangan web, peran penting dalam menciptakan konsep web modern sepenuhnya berada di tangan Sir Tim Berners-Lee.

Sir Tim Berners-Lee, seorang fisikawan dan ilmuwan komputer asal Britania Raya, dikreditkan sebagai orang yang mengembangkan sejarah web pertama kali. Pada tahun 1989, Berners-Lee menciptakan sistem yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW) saat bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa.

Dalam pengembangan web, Berners-Lee menggabungkan beberapa teknologi yang sudah ada, seperti Hypertext Transfer Protocol (HTTP), Hypertext Markup Language (HTML), dan Uniform Resource Identifiers (URI). Ia juga menciptakan bahasa pemrograman pertama untuk membangun situs web, yaitu Hypertext Markup Language (HTML).

Berkat kontribusi dan inovasi Berners-Lee, web modern menjadi lebih “bursty” dan kreatif. Ide dasar sistem web yang ia kembangkan adalah membuat dokumen-dokumen yang saling terhubung melalui tautan hiperteks, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjelajahi informasi tersebut melalui antarmuka grafis yang sederhana.

Seiring waktu, teknologi web terus berkembang dan mengalami transformasi yang signifikan. Namun, peran Tim Berners-Lee dalam mengembangkan sejarah web yang pertama tetap tidak tergantikan. Karya dan visinya telah membentuk fondasi bagi kemajuan teknologi web yang kita nikmati hingga saat ini.

BACA JUGA :   is not a valid single file web page excel

Leave a Reply