mengapa e commerce mengubah persaingan dalam bisnis

0Shares

E-commerce telah memiliki dampak yang luar biasa dalam mengubah persaingan dalam dunia bisnis. Ini adalah hasil langsung dari kemampuan teknologi yang mampu memberikan peningkatan signifikan dalam hal efisiensi, aksesibilitas, dan konektivitas.

Salah satu aspek terpenting yang membuat e-commerce menjadi banteng utama dalam persaingan bisnis adalah kecepatan transaksi yang tinggi dan burstiness yang dimilikinya. Dalam model bisnis tradisional, pelanggan harus pergi ke toko fisik untuk melakukan pembelian, yang bisa memakan waktu dan biaya. Namun, dengan hadirnya e-commerce, pelanggan dapat mengakses dan membeli produk dengan cepat dan efisien dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, kreativitas dalam e-commerce juga berperan penting dalam mengubah persaingan bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi seperti augmented reality, virtual reality, dan kecerdasan buatan, sebuah perusahaan dapat menyediakan pengalaman berbelanja yang unik dan menarik. Misalnya, dengan menggunakan augmented reality, pelanggan dapat mencoba produk secara virtual sebelum membelinya, sehingga mengurangi risiko ketidakpuasan.

Dalam e-commerce, perusahaan juga dapat membantu pelanggan dalam mencari produk yang mereka inginkan dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan rekomendasi yang personal dan akurat. Hal ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan pelanggan dan membedakan perusahaan dari pesaingnya.

Selain itu, keberadaan e-commerce juga membuka pintu bagi pelaku bisnis kecil dan menengah untuk bersaing secara global. Dulu, hanya perusahaan besar yang memiliki sumber daya dan akses pasar yang memadai untuk bersaing di skala internasional. Namun, dengan e-commerce, bahkan perusahaan kecil dapat menjual produk atau layanan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia dengan biaya yang relatif rendah. Hal ini mengurangi hambatan masuk ke pasar global dan memberikan peluang baru bagi pelaku bisnis untuk tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA :   apa itu segmentasi e commerce

Sebagai profesional di bidang teknologi, kita harus mengakui bahwa e-commerce telah menciptakan persaingan yang lebih intens dalam dunia bisnis. Dalam dunia yang terus berkembang dan berubah ini, perusahaan-perusahaan harus terus memanfaatkan kemajuan teknologi untuk tetap kompetitif.

Leave a Reply