is power bi big data

0Shares

Power BI bukanlah suatu teknologi big data dalam pengertian yang sesungguhnya. Meskipun Power BI memiliki kemampuan untuk mengolah dan menganalisis jumlah data yang besar, namun batasannya terletak pada kapasitas penyimpanan dan pemrosesan data yang lebih kecil jika dibandingkan dengan solusi big data yang lebih canggih seperti Hadoop atau Spark.

Power BI dirancang dengan tujuan utama untuk menyajikan laporan dan visualisasi data secara interaktif, memudahkan pengguna dalam menggambarkan dan memahami informasi yang ada dalam data tersebut. Kemampuannya dalam menggabungkan data dari berbagai sumber dan menyediakan real-time dashboard menjadikannya solusi yang populer untuk analisis bisnis.

Walau demikian, jika Anda memiliki kebutuhan analitis yang sangat besar, seperti pengolahan dan analisis data yang melibatkan data di skala petabyte atau analisis streaming data secara real-time, maka Power BI mungkin terbatas. Untuk kebutuhan tersebut, solusi big data yang lebih handal seperti Hadoop atau Spark lebih cocok.

Dalam ringkasan, Power BI tidak termasuk dalam kategori teknologi big data secara eksklusif, meskipun memiliki kemampuan pemrosesan data yang luas, tetapi terbatas dibandingkan dengan solusi big data yang lebih canggih. Gunakan Power BI untuk kebutuhan visualisasi, pelaporan, dan analisis data bisnis yang lebih terfokus.

BACA JUGA :   how to load big data in matlab

Leave a Reply