how to use x360ce with steam games

0Shares

Untuk menggunakan x360ce dengan game-game di Steam, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh x360ce: Anda dapat mengunduh aplikasi x360ce dari situs resminya. Pastikan untuk mendownload versi yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi yang Anda gunakan (32-bit atau 64-bit).

2. Ekstrak file aplikasi: Setelah unduhan selesai, ekstrak file zip ke folder yang Anda inginkan. Disarankan untuk meletakkannya di folder yang sama dengan game yang ingin Anda mainkan.

3. Jalankan x360ce.exe: Buka folder tempat Anda mengekstrak file x360ce dan jalankan x360ce.exe. Ini adalah aplikasi konfigurasi yang akan membantu Anda menggunakan gamepad dengan game-game Steam.

4. Sambungkan gamepad: Pastikan gamepad Anda terhubung ke komputer sebelum menjalankan x360ce. Aplikasi akan mendeteksi gamepad yang terhubung dan otomatis membuat profilnya.

5. Konfigurasi gamepad: Jika profil gamepad tidak dibuat secara otomatis, Anda dapat membuatnya secara manual dengan mengklik tombol “Create” pada aplikasi x360ce. Di sini, Anda dapat mengkonfigurasi tombol dan analog gamepad sesuai dengan preferensi Anda.

6. Simpan konfigurasi: Setelah Anda selesai mengatur profil gamepad, klik tombol “Save” untuk menyimpan konfigurasi. x360ce akan membuat file dengan ekstensi .ini yang akan digunakan oleh game Steam.

7. Salin file x360ce ke folder game: Salin file x360ce.ini (bukan x360ce.exe) yang baru saja Anda simpan ke folder game Steam yang ingin Anda mainkan. Ini akan memastikan pengenalan profil gamepad oleh game Steam.

8. Jalankan game: Sekarang, jalankan game Steam yang ingin Anda mainkan. Game sekarang harus dapat mendeteksi gamepad Anda dan menggunakannya dengan benar.

Dengan menggunakan x360ce, Anda dapat mengubah gamepad generik menjadi pengenal XInput, yang digunakan oleh sebagian besar game Steam. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan gamepad Anda dengan game-game Steam tanpa masalah kompatibilitas.

BACA JUGA :   apa saja contoh game edukatif untuk pembelajaran

Pastikan untuk selalu memperbarui x360ce ke versi terbaru dan memeriksa dukungan dan panduan komunitas pengguna x360ce jika Anda menghadapi masalah khusus dengan game tertentu. Selamat bermain game!

Leave a Reply