how to sort big data with prelisted data in excel

0Shares

Untuk menyortir big data dengan menggunakan data yang telah terdaftar sebelumnya di Excel, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Buka file Excel yang berisi big data dan list data yang telah terdaftar sebelumnya.
2. Pastikan big data berada di satu kolom, sebagai contoh di kolom A, dan list data yang telah terdaftar berada di kolom yang berbeda, misalnya di kolom B.
3. Buatlah satu kolom tambahan di sebelah kolom big data (misalnya kolom C) untuk hasil penyortiran.
4. Di sel C1, masukkan rumus berikut: =IF(ISNUMBER(MATCH(A1,$B$1:$B$10,0)),”Terdaftar”,”Tidak Terdaftar”).
– Ganti $B$1:$B$10 dengan rentang data yang telah anda daftarkan sebelumnya di Excel.
– Rumus ini akan memeriksa setiap nilai di kolom big data (kolom A) untuk mencocokkan dengan data yang telah terdaftar di kolom saja (kolom B).
– Jika ada nilai yang cocok, maka akan menampilkan “Terdaftar”, dan jika tidak cocok, maka akan menampilkan “Tidak Terdaftar”.
5. Salin rumus yang ada di sel C1 ke semua sel di kolom C yang sesuai dengan jumlah data pada kolom big data (kolom A).
6. Hasilnya dapat Anda lihat di kolom C, di mana setiap nilai di kolom big data akan menunjukkan apakah nilai tersebut terdaftar atau tidak terdaftar berdasarkan data pada kolom terdaftar sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mensortir big data menggunakan data yang telah terdaftar sebelumnya di Excel. Selain itu, cara ini memungkinkan Anda menggunakan rumus Excel untuk melakukan tugas ini, memungkinkan analisis dan pemrosesan data yang lebih efisien.

Leave a Reply