how to make e commerce website in wordpress woocommerce

0Shares

Untuk membuat website e-commerce menggunakan WordPress WooCommerce, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Pilih hosting dan instal WordPress: Pertama, Anda perlu memilih penyedia hosting yang handal dan menginstal WordPress pada domain Anda. Pastikan Anda memilih paket hosting yang mendukung WooCommerce.

2. Instal WooCommerce: Setelah WordPress terinstal, langkah selanjutnya adalah menginstal plugin WooCommerce. Buka dashboard WordPress Anda, cari “Plugin” di menu sisi kiri, dan pilih “Tambahkan Baru”. Cari WooCommerce, dan lakukan proses instalasi dan aktivasi.

3. Konfigurasi dasar WooCommerce: Setelah menginstal WooCommerce, Anda akan diarahkan ke wizard konfigurasi. Ikuti langkah-langkahnya untuk mengatur preferensi dasar seperti mata uang, lokasi, metode pengiriman, dan pembayaran.

4. Tambahkan produk: Untuk mulai menjual produk di toko online Anda, klik “Produk” di menu sisi kiri dashboard WordPress. Kemudian klik “Tambah Produk” dan isi detail produk seperti judul, deskripsi, harga, gambar, dll. Pastikan Anda memberikan informasi yang lengkap dan menarik agar calon pelanggan tertarik untuk membeli.

5. Sesuaikan tampilan toko: WordPress memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan toko online Anda menggunakan tema dan plugin. Anda dapat memilih tema WooCommerce yang responsif dan menarik atau mencari tema premium untuk penawaran yang lebih kaya fitur. Sesuaikan tema agar sesuai dengan merek dan preferensi desain Anda.

6. Atur halaman penting: WooCommerce akan otomatis membuat halaman-halaman penting seperti Keranjang Belanja, Checkout, dan Akun Pelanggan. Pastikan Anda menyesuaikan halaman-halaman ini agar sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang Anda inginkan.

7. Tambahkan metode pembayaran: WooCommerce menawarkan berbagai opsi pembayaran seperti PayPal, transfer bank, pemroses pembayaran, dan lainnya. Aktifkan metode pembayaran yang Anda inginkan dan ikuti petunjuk konfigurasi yang diberikan.

BACA JUGA :   what is e commerce logistics

8. Tambahkan metode pengiriman: Jika Anda menjual produk fisik, Anda perlu menambahkan metode pengiriman untuk menghitung biaya pengiriman dengan tepat. WooCommerce menyediakan berbagai opsi pengiriman standar dan memungkinkan Anda mengintegrasikan layanan pengiriman pihak ketiga jika diperlukan.

9. Uji dan periksa: Setelah semua langkah di atas selesai, lakukan uji coba transaksi pembelian dari awal hingga akhir untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Periksa juga tampilan dan fungsi di berbagai perangkat dan browser yang berbeda.

10. Promosi dan optimasi: Setelah toko online Anda siap, mulailah mempromosikannya melalui media sosial, iklan online, optimasi SEO, dan cara lainnya. Pantau kinerja toko online Anda dan lakukan optimasi berkelanjutan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat toko online yang fungsional dan menarik menggunakan WordPress WooCommerce. Selamat mencoba!

Leave a Reply