how to get big data sets

0Shares

Untuk mendapatkan kumpulan data besar (big data sets), terdapat beberapa metode yang dapat kita gunakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan big data sets:

1. Web Scraping (Pengumpulan Data dari Situs Web):
Dalam metode ini, kita menggunakan teknik web scraping atau data crawling untuk mengumpulkan data dari berbagai situs web. Skrip atau bot khusus akan digunakan untuk mengakses situs web secara otomatis, mengambil data yang dibutuhkan, dan menyimpannya dalam format yang diinginkan. Teknik ini biasanya mencakup proses ekstraksi, transformasi, dan pemuatan (ETL) untuk membersihkan dan mengubah data yang diperoleh ke dalam format yang lebih terstruktur.

2. Sumber Data Terbuka (Open Data Sources):
Pemerintah, lembaga riset, dan organisasi lainnya seringkali menyediakan akses ke kumpulan data besar secara terbuka. Data ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti sosial, ekonomi, populasi, lingkungan, dan banyak lagi. Pada umumnya, data ini bebas digunakan dan dapat diunduh dari platform atau situs web yang disediakan oleh sumbernya.

3. Kolaborasi dengan Penyedia Data:
Terdapat penyedia data yang khusus menyediakan akses ke kumpulan data besar. Beberapa penyedia data populer seperti Google BigQuery, Kaggle, AWS Data Exchange, dan Data.gov dapat memberikan akses ke big data sets untuk berbagai keperluan analisis, pembelajaran mesin, dan pengembangan aplikasi.

4. Pengumpulan Data menggunakan Sensor dan IoT (Internet of Things):
Penggunaan sensor dan teknologi Internet of Things (IoT) semakin berkembang dalam pengumpulan data. Sensor yang terpasang pada perangkat seperti kendaraan, perangkat wearable (misalnya, jam tangan pintar), dan peralatan industri dapat menghasilkan kumpulan data besar yang terus-menerus diperbarui. Dengan mengakses data dari sumber ini, kita dapat mengumpulkan big data sets yang relevan dengan lingkungan tertentu atau industri tertentu.

BACA JUGA :   how to take big data from twitter

5. Data Sharing dan Kolaborasi:
Mengumpulkan data besar kadang-kadang dapat dilakukan melalui kerja sama dengan organisasi atau individu lain yang sudah memiliki data sejenis. Dalam beberapa kasus, organisasi atau komunitas data terbuka dapat berbagi data mereka melalui platform data bersama, sehingga memungkinkan kolaborasi dan menjadi sumber data yang lebih besar.

6. Strategi Petak Isi (Crowdsourcing):
Petak Isi (crowdsourcing) adalah sebuah metode di mana orang-orang yang terlibat dalam pengumpulan data besar dapat menyumbangkan data mereka sendiri. Melalui platform crowdsourcing, individu-individu dapat berbagi informasi dan mengumpulkan data yang berkontribusi pada kumpulan data besar. Contohnya adalah aplikasi yang melibatkan pengguna untuk mengunggah foto, video, atau ulasan yang kemudian dikumpulkan menjadi kumpulan data yang lebih besar.

Itulah beberapa metode umum yang bisa digunakan untuk mendapatkan big data sets. Penting untuk mencatat bahwa dalam setiap pengumpulan data, perlu memperhatikan hukum dan etika yang berlaku dalam penggunaan dan pengolahan data ini.

Leave a Reply