how to fix tencent gaming buddy lag

0Shares

Untuk mengatasi lag pada Tencent Gaming Buddy, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba:

1. Perbarui Tencent Gaming Buddy: Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari emulator ini. Tencent secara rutin merilis pembaruan yang dapat meningkatkan kinerja dan mengatasi masalah lag.

2. Pastikan Spesifikasi Sistem Memadai: Emulator ini membutuhkan beberapa sumber daya komputer untuk berjalan dengan baik. Pastikan PC atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang memadai, seperti RAM minimal 4GB, prosesor quad-core, dan kartu grafis yang mendukung DirectX 11.

3. Tutup Program Lain: Sebelum menjalankan Tencent Gaming Buddy, pastikan Anda menutup program lain yang berjalan di latar belakang. Program tambahan dapat menggunakan sumber daya sistem yang diperlukan oleh emulator, sehingga menyebabkan lag.

4. Atur Prioritas Emulator: Buka Task Manager (tekan Ctrl + Shift + Esc), pilih tab “Rincian,” cari emulator (Tencent Gaming Buddy), klik kanan, dan pilih “Set Prioritas.” Pilih “High” atau “Realtime” untuk memberikan prioritas lebih tinggi pada emulator tersebut.

5. Kurangi Resolusi Grafis: Beralih ke pengaturan grafis yang lebih rendah dapat membantu mengurangi lag. Di dalam emulator, klik ikon gerigi di pojok kanan atas (pengaturan), pilih “Engine,” dan kurangi “Resolusi” serta “DPI” menjadi nilai yang lebih rendah.

6. Matikan Mode Virtualization: Beberapa pengguna melaporkan bahwa mematikan Mode Virtualization (VT) di BIOS mereka dapat memperbaiki masalah lag. Untuk melakukan ini, restart komputer Anda, masuk ke BIOS (biasanya dengan menekan Del atau F2 saat booting), cari opsi VT, dan nonaktifkannya. Pastikan Anda memahami risiko dan konsekuensi dari mengubah pengaturan BIOS sebelum melakukannya.

7. Atur Jaringan yang Stabil: Pastikan koneksi internet Anda stabil dan menggunakan jaringan yang tidak terlalu sibuk. Jika memungkinkan, sambungkan komputer Anda melalui kabel Ethernet daripada menggunakan koneksi Wi-Fi.

BACA JUGA :   how to design a deck building game

8. Matikan Antivirus dan Firewall: Beberapa aplikasi antivirus atau firewall mungkin memblokir Tencent Gaming Buddy dan menyebabkan lag. Sementara emulator ini didistribusikan oleh Tencent, Anda dapat mematikan antivirus atau firewall sementara untuk menguji apakah masalah lag teratasi.

9. Lakukan Pembersihan Sistem: Pembersihan sistem secara rutin dapat membantu mengoptimalkan kinerja komputer Anda. Gunakan utilitas pembersihan seperti CCleaner untuk membersihkan file sementara, cache, dan entri registri yang tidak perlu.

10. Reinstall Tencent Gaming Buddy: Jika semua langkah di atas tidak membantu, pertimbangkan untuk menghapus Tencent Gaming Buddy dan menginstal ulang yang terbaru. Terkadang, masalah dapat diselesaikan dengan proses instalasi yang segar.

Pastikan Anda mencadangkan data game Anda sebelum menghapus emulator agar tidak kehilangan kemajuan permainan Anda.

Leave a Reply