how is big data collected

0Shares

Big data dikumpulkan melalui berbagai sumber dan metode yang melibatkan pengumpulan, pengolahan, dan analisis data dalam jumlah besar. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengumpulkan big data:

1. Sensing dan Monitoring: Data dapat dikumpulkan melalui sensor fisik atau perangkat Internet of Things (IoT) yang memberikan informasi secara real-time. Contohnya termasuk sensor cuaca yang mengumpulkan data tentang suhu, kelembaban, atau kecepatan angin, serta sensor lalu lintas yang mengumpulkan data tentang volume kendaraan dan kepadatan lalu lintas.

2. Transaksi dan Interaksi: Data dapat dikumpulkan dari sistem dalam hal transaksi bisnis atau interaksi pelanggan. Misalnya, data dapat dikumpulkan dari sistem penjualan online yang mencatat informasi tentang pembelian, data pelanggan, dan preferensi produk.

3. Media Sosial: Data dapat dikumpulkan dari platform media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Informasi yang diposting oleh pengguna seperti status, foto, video, atau komentar dapat dianalisis untuk mengungkap pola perilaku dan tren.

4. Data Publik: Data dapat diambil dari sumber publik yang dapat digunakan oleh semua orang. Contohnya adalah data pemerintah terbuka yang mencakup data demografis, data cuaca, atau data kesehatan masyarakat.

5. Data Survey dan Penelitian: Data dikumpulkan melalui survei atau penelitian yang dilakukan baik secara online atau offline. Pengumpulan data ini bisa melibatkan pengisian formulir, wawancara langsung, atau pengumpulan data melalui desain eksperimen.

6. Data dari Perangkat Lunak dan Aplikasi: Data dikumpulkan dari penggunaan perangkat lunak atau aplikasi pihak ketiga. Contohnya adalah data penggunaan aplikasi seluler atau data dari perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) yang mencatat interaksi pelanggan.

Metode pengumpulan big data ini sering melibatkan teknologi seperti pengolahan bahasa alami, teknik ekstraksi informasi, data mining, atau analisis prediktif untuk mendapatkan wawasan dan nilai dari data yang terkumpul. Keakuratan, keamanan, dan privasi data merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pengumpulan data ini.

BACA JUGA :   apa yang dipelajari dalam big data

Leave a Reply