how e commerce works

0Shares

E-commerce, atau perdagangan elektronik, adalah suatu sistem dimana transaksi bisnis dilakukan secara elektronik melalui internet. Konsep ini melibatkan pertukaran produk atau jasa antara penjual dan pembeli tanpa adanya pertemuan fisik.

Ada beberapa langkah penting dalam menjalankan e-commerce. Pertama, penjual atau merchant membuat dan mengelola sebuah toko online. Mereka akan membuat daftar produk mereka, mengatur harga, mengelola stok barang, serta menyediakan informasi terperinci tentang setiap produk.

Kedua, penjual perlu membuat platform pembayaran yang aman dan nyaman bagi pembeli. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan gateway pembayaran seperti PayPal atau kartu kredit. Sistem pembayaran ini memastikan keamanan transaksi dan memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran.

Selanjutnya, calon pembeli akan mengunjungi toko online dan menemukan produk yang mereka minati. Mereka bisa melihat gambar, membaca deskripsi, dan mengecek ulasan dari pembeli sebelumnya. Jika mereka tertarik, pembeli dapat menambahkan produk ke dalam keranjang belanja mereka.

Setelah itu, pembeli akan melanjutkan ke proses pembayaran dengan memasukkan informasi kartu kredit atau menggunakan metode pembayaran lainnya yang telah disediakan oleh penjual. Setelah pembayaran selesai, penjual akan menerima konfirmasi pembayaran dan mengirimkan produk yang dibeli kepada pembeli.

Terakhir, setelah produk diterima oleh pembeli, mereka akan memberikan ulasan atau feedback tentang produk dan pengalaman berbelanja mereka. Hal ini membantu penjual dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

Selain langkah-langkah tersebut, e-commerce juga melibatkan aspek pengiriman dan logistik. Penjual harus memiliki sistem pengiriman yang handal untuk memastikan produk dapat sampai ke tangan pembeli dengan aman dan tepat waktu.

Secara keseluruhan, e-commerce menyediakan cara yang efisien dan praktis untuk melakukan transaksi bisnis. Baik penjual maupun pembeli dapat memanfaatkan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh platform e-commerce untuk berbelanja dan menjual produk dengan lebih mudah dan luas jangkauannya.

BACA JUGA :   mengapa umkm jadi harapan besar e-commerce indonesia

Leave a Reply