how e commerce is differ from e business

0Shares

E-commerce dan e-business adalah dua istilah yang sering digunakan secara bersamaan, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk memahami perbedaan tersebut, mari kita jelaskan dengan menggunakan contoh teknologi burstiness dan kreativitas.

E-commerce, atau perdagangan elektronik, mengacu pada aktivitas bisnis yang dilakukan secara online, terutama melalui platform elektronik seperti website atau aplikasi. Dalam e-commerce, transaksi jual beli produk atau jasa dilakukan secara elektronik dan dapat mencakup segala tahap dalam rantai nilai bisnis, mulai dari pemasaran, penjualan, pembayaran, hingga pengiriman barang.

Dalam contoh teknologi burstiness, kita dapat melihat bagaimana e-commerce memanfaatkannya untuk memberikan pengalaman yang lebih efisien dan responsif. Misalnya, pada saat tertentu, e-commerce sering mengalami lonjakan aktivitas yang tinggi, seperti saat ada penjualan besar-besaran atau perayaan hari raya. Dalam hal ini, sistem e-commerce harus dapat menangani burstiness pengguna, yaitu tiba-tiba bertambahnya permintaan yang tinggi, dengan mengoptimalkan performa infrastruktur jaringan dan pengelolaan basis data sehingga transaksi tidak terganggu.

Sementara itu, e-business, atau bisnis elektronik, mencakup seluruh aktivitas bisnis yang melibatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan nilai tambah bisnis. E-business melibatkan tidak hanya transaksi jual beli, tetapi juga aktivitas lain seperti manajemen rantai pasokan, pemasaran digital, pelaporan keuangan, dan komunikasi bisnis.

Berbeda dengan burstiness yang terkait dengan e-commerce, kreativitas memiliki peran penting dalam menjalankan e-business. Dalam industri yang sangat kompetitif, perusahaan harus berinovasi dan menciptakan solusi yang kreatif dalam menghadapi tantangan teknologi dan persaingan bisnis. Pemanfaatan TIK yang kreatif dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dalam menjalankan berbagai aspek bisnis, seperti pengembangan produk, pemasaran, pemrosesan transaksi, dan interaksi pelanggan.

BACA JUGA :   what is e commerce logistics

Jadi, intinya, perbedaan antara e-commerce dan e-business terletak pada ruang lingkup aktivitas bisnis yang dilibatkan. E-commerce berkaitan langsung dengan transaksi jual beli secara online, sementara e-business mencakup segala aspek bisnis yang melibatkan pemanfaatan TIK. Dalam konteks burstiness, e-commerce berfokus pada penanganan lonjakan permintaan, sementara e-business menuntut kreativitas dalam menjalankan aktivitas bisnis secara keseluruhan.

Leave a Reply