how big e commerce market in indonesia

0Shares

Industri e-commerce di Indonesia tumbuh dengan cepat saat ini, mencakup segmen yang sangat luas dan terus berkembang. Di tahun 2021, pasar e-commerce Indonesia diperkirakan bernilai lebih dari $53 miliar (sekitar Rp770 triliun), dengan pertumbuhan rata-rata tahunan sekitar 25%. Angka ini menunjukkan potensi yang luar biasa dalam industri ini.

Ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia. Pertama, meningkatnya penetrasi internet dan penetrasi smartphone menjadi dorongan utama. Saat ini, sekitar 73% populasi Indonesia menggunakan internet dan sekitar 91% di antaranya mengaksesnya melalui ponsel cerdas. Jadi, banyak dari kita sekarang bisa mengakses platform e-commerce dengan mudah.

Selain itu, adopsi pembayaran digital juga semakin meningkat di negara ini. Setiap hari, semakin banyak orang yang menggunakan layanan pembayaran digital seperti e-wallet dan transfer online. Ini membuat belanja online menjadi lebih mudah dan nyaman bagi konsumen.

Pandemi COVID-19 juga memainkan peran penting dalam mempercepat pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Dengan adanya pembatasan sosial dan penutupan toko fisik, masyarakat beralih ke belanja online sebagai solusi alternatif. Ini memaksa bisnis dan konsumen untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan semakin menggantungkan diri pada platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan.

Tren belanja online yang sedang berkembang seperti belanja fashion, makanan dan minuman, elektronik, serta barang rumah tangga juga ikut mendorong pertumbuhan pasar e-commerce. Banyak platform e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak telah berkembang pesat dan menerima banyak dukungan investasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam beberapa tahun mendatang, industri e-commerce di Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh dan menghasilkan lebih banyak peluang bisnis. Kemungkinan adopsi teknologi baru seperti kecerdasan buatan(artificial intelligence), analisis data (data analytics), dan pembayaran digital yang semakin canggih akan menambah stimulasi sektor ini.

BACA JUGA :   kenapa saat ini banyak bermunculan e commerce

Leave a Reply