Cara Merangkum Video Dari Youtube Secara Otomatis

0Shares
Cara Merangkum Video Dari Youtube

Cara Merangkum Video Dari Youtube – Platform media sosial YouTube merupakan salah satu media sosial yang menyediakan video sangat banyak sekali. Mulai dari hiburan, game, hingga bahkan edukasi. Aplikasi YouTube ini telah bertransformasi menjadi tempat/wadah edukasi. Tempat edukasi yang berdasar internet ini memberikan dampak yang positif sekali.

Dengan adanya platform YouTube semua orang bisa belajar apapun, dimanapun, dan kapanpun. Biayanya pun bisa dibilang murah karena hanya akan membutuhkan kuota anda saja. Sehingga tak heran banyak yang belajar sesuatu di platform media sosial ini.

Video YouTube sering sekali digunakan oleh orang untuk menyempurnakan resume mereka. Mulai dari mengetahui bagaimana cara yang baik membuat resume hingga mencari referensi resume.

Selain itu, video YouTube ini juga biasa digunakan sebagai referensi oleh guru saat mengajar. Biasanya guru akan memberikan tugas untuk mengulas, merangkum, dan membuat ringkasan video YouTube.

Namun permasalahannya adalah jika anda membuat ringkasan video youtube secara manual itu akan membuat anda capek. Mulai dari harus mendengarkan secara cermat dan menulisnya harus pas. Susah bukan? Apalagi ditambah jika suara pengisi suaranya tidak bagus (tidak jelas suaranya).

Terus gimana cara merangkum video dari YouTube yang ga capek?

Tenang saja saya punya jawabanya di artikel ini. Di artikel ini akan saya jelaskan secara detail sehingga tidak akan membuat bingung anda. Maka dari itu pantengin terus nih ya.

Cara Merangkum Video Dari YouTube Menggunakan Web

Sebenarnya terdapat banyak sekali web yang menyediakan pelayanan untuk merangkum video YouTube. Namun disini saya akan hanya membahas tentang Anthiago : Free Automatic Transcript.

Anthiago : Free Automatic Transcript ini sendiri merupakan alat yang sering digunakan orang untuk meresume video mereka. Anthiago ini bisa mengubah sebuah video menjadi teks. Tak hanya YouTube saja, tools ini juga bisa mengekstrak video dari berbagai platform.

Untuk merangkum video YouTube menggunakan web ini sangatlah mudah. Di web ini video yang ingin anda rangkum akan dirangkum secara otomatis. Sehingga tidak akan membuat anda kecapean lagi dalam merangkum video YouTube. Untuk caranya anda bisa melihat langkah langkah dibawah ini.

Berikut cara merangkum video dari YouTube menggunakan web :

  • Hal pertama yang jaris anda lakukan adalah membuka video YouTube anda, setelah itu salin / copy tautan / Link / Urlnya.
  • Hal yang kedua yang bisa anda lakukan adalah membuka browser ( Untuk browser apa saja senyamannya anda).
  • Setelah itu klik lah search bar (kolom pencarian), dan ketiklah “Anthiago : Free Automatic Transcript “. Lalu klik cari.
  • Lalu akan muncul website dari anthiago ini. Biasanya akan muncul dipencarian atas. Lalu klik dan masuklah ke web anthiago ini.
  • Setelah masuk ke bagian awal web anthiago ini. Anda bisa scroll kebawah untuk mencari tempat yang bernama Desgrabador. Jika sudah ketemu anda bisa memencet English untuk bisa masuk kedalam anthiago ini dengan bahasa english (Inggris).
cara merangkum video dari youtube
  • Tempel / Paste tautan video YouTube yang telah anda copy / salin tadi dan klik Transcript.
  • Setelah anda mengklik Transcript, web Anthiago ini akan secara otomatis merangkum video youtube anda ke bentuk teks.
  • Hal yang harus anda lakukan adalah menunggu proses merangkum video youtube anda ini. Jika sudah selesai hasil rangkuman video anda ada dibawah.
  • Silahkan salin hasil rangkuman video anda ke word ataupun dimana pun. Karena proses belum berakhir di sini saja. Karena ada tahapan editing.
  • Mengapa harus di edit? Karena hasil transkrip dari video YouTube anda tadi belum tentu sesuai dengan tata bahasa yang benar. Kadang-kadang bahasanya sedikit ngawur, kurang pas, dan tidak enak dibaca. Maka dari itu anda harus mengedit ulang.
  • Setelah pengeditan ulang selesai, anda bisa mengirimkan hasil rangkuman video dari YouTube ke pengumpulan tugas anda. Sangat mudah bukan?
BACA JUGA :   kenapa hp xiaomi tidak bisa nyala

Cara Merangkum Video dari YouTube dengan Google Docs

Selain merangkum menggunakan website anthiago ternyata ada cara merangkum video youtube otomatis yang lain. Cara ini akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan yang menggunakan web anthiago. Namun jika anda masih panasaran, maka disini saya  akan menjelaskan bagaimana cara merangkum video youtube otomatis menggunakan Google Docs.

Berikut cara merangkum video dari YouTube menggunakan Google Docs :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah setalan recording di PC / Laptop anda. Buka lah Control Panel, lalu klik Hardware and Sound.
  2. Lalu klik Sound, dan buka lah Tab Recording.
  3. Setelah mebuka Tab Recording, klik kanan pada tombol Stereo Mix, dan aktifkan dengan mengklik Enable.
  4. Klik bagian Stereo Mix dan pencet Set as Default Devices
  5. Setelah semua pengaturan laptop anda selesai, sekarang saatnya untuk membuka browser ( Browser apa saja yang penting nyaman).
  6. Buka Google Docs anda, dan buatlah halaman baru atau halaman yang sudah ada.
  7. Pencet Voice Typing pada menu Tools.
  8. Lalu kembali ke video YouTube anda dan putar video yang ingin di resume.
  9. Kembali ke halaman yang telah anda buat di Google Docs tadi dan nyalakan Google Voicenya dan sesuaikan bahasanya dengan bahasa yang ada di video.

Nah begitulah bagaimana cara merangkum video dari youtube yang akan memudahkan anda dalam mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan bagi anda yang ingin membuat resume youtube videos secara cepat. Sedangkan bagi anda yang ingin mempelajari dan mengetahui video anda lebih dalam cara ini kurang efektif.

Segitu saja artikel saya mengenai cara merangkum video dari youtube. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam merangkum video youtube. Saya helowi ucapkan terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply