Cara Instal Game PS4 di Hardisk: Panduan Lengkap

0Shares
Cara Instal Game PS4 di Hardisk

Cara Instal Game PS4 di Hardisk – Sebagai seorang gamer, kita pasti memiliki koleksi game favorit yang ingin dimainkan kapan saja tanpa hambatan. Namun, masalahnya adalah penyimpanan pada konsol PS4 terbatas, dan kita mungkin perlu menghapus game lama untuk memberi ruang bagi game baru. Untungnya, ada solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menginstal game PS4 di hardisk eksternal. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan instalasi tersebut agar Anda dapat menikmati seluruh koleksi game favorit tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan!

Cara Instal Game PS4 di Hardisk

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menginstal game PS4 di hardisk eksternal:

1. Pastikan Kompatibilitas Hardisk

Langkah pertama adalah memastikan bahwa hardisk eksternal yang Anda miliki kompatibel dengan konsol PS4. PS4 mendukung hardisk eksternal dengan koneksi USB 3.0 dan kapasitas minimal 250GB hingga maksimal 8TB.

2. Siapkan Hardisk Eksternal

Sambungkan hardisk eksternal Anda ke salah satu port USB pada konsol PS4. Setelah itu, konsol akan mendeteksi hardisk dan meminta Anda untuk melakukan format. Ikuti petunjuk pada layar untuk memformat hardisk agar kompatibel dengan PS4.

3. Pilih Penyimpanan Eksternal

Setelah hardisk eksternal terhubung dan diformat, konsol PS4 akan mengenali hardisk sebagai penyimpanan eksternal. Anda dapat memilih untuk menyimpan game dan aplikasi baru di hardisk eksternal dengan cara memilihnya sebagai lokasi penyimpanan default.

BACA JUGA :   bagaimana persiapan asian games 2018

4. Unduh dan Instal Game

Ketika Anda memilih hardisk eksternal sebagai lokasi penyimpanan default, game dan aplikasi baru akan secara otomatis diunduh dan diinstal di hardisk tersebut. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di hardisk eksternal sebelum mengunduh game baru.

5. Pindahkan Game yang Sudah Ada

Jika Anda ingin memindahkan game yang sudah ada dari penyimpanan internal PS4 ke hardisk eksternal, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Pergi ke menu “Settings” (Pengaturan) > “Storage” (Penyimpanan) > “System Storage” (Penyimpanan Sistem), pilih game yang ingin dipindahkan, lalu pilih “Move to Extended Storage” (Pindahkan ke Penyimpanan Eksternal). Tunggu hingga proses pemindahan selesai.

6. Nikmati Koleksi Game Tanpa Batas

Sekarang, Anda dapat menikmati koleksi game favorit tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Seluruh game yang sudah diinstal di hardisk eksternal dapat diakses dan dimainkan kapan saja sesuai keinginan Anda.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Q: Apakah semua game dapat diinstal di hardisk eksternal?

A: Ya, sebagian besar game dapat diinstal di hardisk eksternal. Namun, beberapa game mungkin memiliki pembatasan dan harus tetap diinstal di penyimpanan internal PS4.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memindahkan game ke hardisk eksternal?

A: Waktu pemindahan game ke hardisk eksternal tergantung pada ukuran game dan kecepatan hardisk. Biasanya, proses pemindahan dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.

Q: Bisakah saya menghubungkan lebih dari satu hardisk eksternal ke PS4?

A: Ya, Anda dapat menghubungkan lebih dari satu hardisk eksternal ke PS4. Namun, PS4 hanya akan mengenali satu hardisk eksternal sebagai penyimpanan eksternal utama.

Q: Apakah saya bisa menginstal game PS5 di hardisk eksternal PS4?

A: Tidak, game PS5 tidak dapat diinstal atau dimainkan di hardisk eksternal PS4. Game PS5 hanya dapat diinstal dan dimainkan di penyimpanan internal PS5.

Q: Apakah saya perlu memformat hardisk eksternal kembali jika ingin menggunakannya di PS4 lain atau perangkat lain?

A: Ya, jika Anda ingin menggunakan hardisk eksternal di PS4 lain atau perangkat lain, Anda perlu memformatnya kembali agar sesuai dengan sistem file yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui cara instal game PS4 di hardisk dengan mudah dan praktis. Dengan menggunakan hardisk eksternal, Anda dapat menambah kapasitas penyimpanan PS4 dan menikmati koleksi game favorit tanpa khawatir kehabisan ruang. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman bermain game dengan lebih leluasa!

Leave a Reply