bagaimana membuat animasi sketchup

0Shares

Untuk membuat animasi menggunakan SketchUp, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Pertama, pastikan Anda telah menginstal SketchUp di komputer Anda dan memiliki file model 3D yang ingin Anda animasikan. Pastikan juga file tersebut lengkap dengan semua komponen dan benda yang ingin Anda tampilkan dalam animasi.

2. Buka SketchUp dan buka file model 3D yang ingin Anda animasikan dengan mengklik File > Open. Pilih file yang sesuai dan klik “Buka”.

3. Setelah file terbuka, pastikan Anda berada di View Mode dan bukan di Edit Mode. Anda dapat memeriksa ini dengan melihat toolbar di bagian atas SketchUp. Jika Anda berada di Edit Mode, klik kembali pada View Mode agar dapat melihat seluruh model.

4. Selanjutnya, pilih “Window” dari toolbar SketchUp dan pilih “Animation”. Ini akan membuka jendela Animasi di samping area kerja Anda.

5. Di jendela Animasi, Anda akan melihat timeline kosong. Klik kanan pada timeline kosong dan pilih “Add Scene” untuk menambahkan adegan pertama Anda. Ini akan menjadi tampilan awal animasi Anda.

6. Setelah menambahkan adegan pertama, ubah tampilan model Anda seperti yang Anda inginkan untuk adegan pertama tersebut. Misalnya, Anda dapat memutar atau memindahkan obyek, merubah sudut pandang kamera, atau mengubah material dan pencahayaan.

7. Setelah selesai dengan adegan pertama, klik kanan pada timeline dan pilih “Add Scene” lagi untuk menambahkan adegan berikutnya. Ulangi langkah 6 untuk mengubah tampilan model untuk adegan baru ini.

8. Lanjutkan langkah 7 untuk menambahkan dan mengubah adegan selanjutnya sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan sebanyak yang Anda inginkan.

BACA JUGA :   apa itu tetes mata animasi

9. Setelah selesai membuat adegan- adegan yang diinginkan, Anda dapat mengatur durasi animasi untuk setiap adegan dengan mengklik dan menarik tepi kiri atau kanan dari setiap adegan di timeline.

10. Terakhir, untuk melihat animasi Anda, klik tombol “Play” di jendela Animasi atau Anda juga dapat menjalankannya secara manual dengan menggerakkan cursor ke kiri atau kanan pada timeline.

Itulah beberapa langkah dasar dalam membuat animasi menggunakan SketchUp. Namun, teknik dan penggunaan tool yang lebih advance juga dapat digunakan untuk menciptakan hasil yang lebih menarik dan dinamis. Jangan takut untuk bereksperimen dan berkreasi dengan SketchUp untuk menciptakan animasi yang unik dan memukau!

Leave a Reply