bagaimana membuat animasi di tekla

0Shares

Untuk membuat animasi di Tekla, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Menyiapkan Model 3D: Animasi di Tekla memerlukan model 3D yang lengkap dan siap diubah menjadi animasi. Pastikan model tersebut telah terstruktur dengan baik, terdiri dari elemen-elemen seperti balok, kolom, plat, dan lain-lain. Selain itu, pastikan pula model sudah memiliki koordinat yang tepat.

2. Membuat View dan Sequences: Pilih objek-objek yang ingin Anda animasikan dan buat sekumpulan view yang merepresentasikan perubahan objek tersebut dari waktu ke waktu. Setiap view akan menjadi “frame” dalam animasi. Anda dapat mengatur urutan view tersebut dalam sequences untuk mengontrol perubahan objek secara terstruktur.

3. Animasikan Model: Pada setiap view, pilih objek-objek yang ingin Anda animasikan, misalnya pintu yang terbuka atau plat yang bergerak. Pilih opsi “object-level animation” untuk menganimasikan objek tersebut. Anda dapat mengubah posisi, rotasi, atau skala objek menggunakan kontrol yang tersedia di Tekla.

4. Mengatur Waktu: Setelah Anda mengatur animasi pada satu view, pindah ke view berikutnya dalam sequences dan lakukan perubahan pada objek yang ingin dianimasikan sesuai dengan kebutuhan perubahan pada waktu tersebut. Berulangilah langkah ini sampai semua view dalam sequences selesai didesain.

5. Menjalankan Animasi: Setelah seluruh animasi selesai dibuat, Anda dapat menjalankannya untuk melihat hasilnya. Tekla menyediakan fitur untuk mengontrol kecepatan animasi, memutar-ulang, atau menghentikan animasi pada titik tertentu.

Dengan menggunakan Tekla, Anda dapat membuat animasi yang dinamis dan realistis dari model struktural. Penting untuk tetap bersabar, kreatif, dan eksperimen dengan opsi animasi yang ada di Tekla untuk mendapatkan hasil animasi yang optimal sesuai keinginan Anda.

BACA JUGA :   apa yang membuat animasi menarik

Leave a Reply