bagaimana cara mengatasi aplikasi yang terhenti

0Shares

Untuk mengatasi aplikasi yang terhenti, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Tutup Aplikasi dan Mulai Ulang: Pertama-tama, tutup aplikasi yang mengalami masalah dengan menggeser jari Anda dari bawah layar ke atas (untuk perangkat tanpa tombol fisik) atau tekan tombol tugas terakhir (untuk perangkat dengan tombol fisik). Setelah itu, cari aplikasi yang ingin ditutup, geser tampilan ke samping atau vertikal, lalu tutup aplikasi tersebut. Setelah itu, restart aplikasi tersebut dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.

2. Bersihkan Cache Aplikasi: Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja di masa mendatang. Namun, terkadang cache tersebut dapat menyebabkan masalah. Untuk membersihkan cache aplikasi, buka Pengaturan pada perangkat Anda, pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Notifikasi. Cari aplikasi yang bermasalah, lalu masuk ke pengaturan aplikasi tersebut dan pilih Hapus Cache.

3. Perbarui Aplikasi: Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi yang mengalami masalah. Buka Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS), cari aplikasi yang ingin diperbarui, dan jika versi baru tersedia, pilih tombol Update. Setelah perbarui, coba jalankan aplikasi lagi dan perhatikan apakah masalahnya masih ada.

4. Hapus Data Aplikasi: Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus data aplikasi yang bermasalah. Namun, harap dicatat bahwa ini akan menghapus semua pengaturan dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut. Anda dapat menghapus data aplikasi dengan cara yang sama seperti membersihkan cache, hanya pilih Hapus Data alih-alih Hapus Cache.

5. Reinstal Aplikasi: Jika semua langkah di atas tidak berhasil, coba hapus aplikasi yang bermasalah dan instal ulang dari Play Store atau App Store. Ini akan menggantikan semua file aplikasi, memperbarui library yang terkait, dan memastikan semua pengaturan default dipulihkan. Pastikan Anda memiliki ID dan kata sandi akun yang terkait dengan aplikasi sebelum melanjutkan.

BACA JUGA :   yang termasuk perangkat lunak aplikasi adalah

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, seharusnya aplikasi yang mengalami masalah dapat berjalan dengan baik kembali. Jika masalah masih tetap, mungkin ada masalah yang lebih dalam dengan perangkat Anda atau mungkin ada masalah lain yang mempengaruhi kinerja aplikasi. Pada titik ini, penting untuk mendapatkan bantuan dari teknisi pelayanan teknis atau tim dukungan pabrik aplikasi tersebut.

Leave a Reply