bagaimana cara membuat animasi 2 tombol dengan adobe flash cs6

0Shares

Untuk membuat animasi 2 tombol dengan Adobe Flash CS6, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

1. Buka Adobe Flash CS6 dan buatlah file baru.
2. Pilih tombol “Rectangle Tool” dari panel alat dan buat dua tombol di area kerja.
3. Pilih tombol pertama dan konversikan ke symbol dengan cara klik kanan pada tombol, lalu pilih “Convert to Symbol”. Pilih jenis “Button” dan beri nama pada tombol tersebut.
4. Setelah tombol pertama diubah menjadi simbol tombol, klik tombol kedua dan ulangi langkah yang sama.
5. Sekarang, pada panel “Layar Waktu” atau “Timeline”, buatlah dua frame baru dengan mengklik ikon “+”.
6. Di frame pertama, biarkan tombol pertama dalam keadaan diam (static). Anda dapat mendesain tampilan dan gaya tombol sesuai keinginan Anda.
7. Di frame kedua, ubah tampilan tombol pertama menjadi animasi yang menarik. Anda dapat melakukannya dengan memilih tombol dan menerapkan efek animasi seperti pergeseran posisi, perubahan warna, atau efek transformasi lainnya.
8. Pada panel “Layar Waktu”, buatlah lapisan baru untuk tombol kedua dengan mengklik ikon “+”.
9. Di lapisan baru tersebut, ulangi langkah-langkah 6 dan 7 untuk tombol kedua, sehingga tombol kedua juga memiliki animasi yang berbeda di frame kedua.
10. Setelah selesai, buatlah aksi untuk tombol dengan mengklik tombol kiri pada tombol pertama, lalu pilih “Perintah”. Pilih tindakan yang ingin Anda lakukan saat tombol diklik, misalnya berpindah ke frame lain atau menjalankan animasi tertentu.
11. Ulangi langkah 10 untuk tombol kedua, dengan memberikan aksi yang berbeda.
12. Setelah semuanya selesai, Anda dapat menguji animasi tombol dengan mengklik tombol “Ctrl+Enter” atau memilih “Control” dan “Test Movie”.

BACA JUGA :   apa nama gambar animasi dalam bahasa inggris

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat animasi 2 tombol dengan Adobe Flash CS6. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply