apa yang dimaksud dengan responsive design pada e-commerce

0Shares

Responsive design pada e-commerce mengacu pada strategi desain yang memastikan bahwa website dan aplikasi e-commerce dapat menyesuaikan tampilan dan fungsionalitasnya dengan sempurna di berbagai perangkat dan ukuran layar yang berbeda. Ini termasuk desktop, laptop, tablet, dan smartphone dengan berbagai ukuran layar.

Dalam dunia e-commerce yang semakin berkembang pesat, pengguna memiliki beragam perangkat yang mereka gunakan untuk melakukan akses ke toko online. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis e-commerce untuk memastikan bahwa situs web mereka dapat memberikan pengalaman yang optimal kepada pengguna di semua perangkat.

Responsif adalah kata kunci di sini. Dengan menggunakan teknik desain responsif, elemen-elemen pada situs web e-commerce akan bergerak dan berubah ukuran secara otomatis sesuai dengan ukuran layar pengguna. Ini mencakup pengaturan proporsi, ukuran tulisan, konten yang berjalan, dan tata letak halaman secara keseluruhan.

Desain responsif membantu memastikan bahwa pengguna dapat mengakses semua fitur dan informasi penting dengan mudah, tanpa harus melakukan zoom in atau out atau menggeser layar secara horizontal untuk melihat elemen-elemen yang hilang di perangkat mereka.

Selain meningkatkan kenyamanan pengguna, desain responsif juga memiliki dampak positif pada performa situs web dan peringkat SEO di mesin pencari. Mesin pencari seperti Google mendorong penggunaan desain responsif karena membuat situs web lebih mudah diindeks dan ditemukan oleh pengguna potensial.

Dalam rangka mengimplementasikan desain responsif pada e-commerce, pengembang web perlu menggunakan framework dan teknologi yang memungkinkan penyesuaian otomatis dari tampilan dan fungsionalitas. Ini termasuk penggunaan media queries, grid systems, dan CSS flexbox.

Jadi, secara keseluruhan, responsive design pada e-commerce adalah sebuah pendekatan desain yang menghasilkan pengalaman pengguna yang optimal di berbagai perangkat dengan menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs web dengan ukuran layar yang berbeda.

BACA JUGA :   apa itu media commerce

Leave a Reply