apa yang dimaksud dengan internet www dan e-commerce

0Shares

Internet World Wide Web (www) adalah sistem informasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berbagi informasi melalui jaringan komputer global. Internet merupakan infrastruktur yang mendasari, sedangkan World Wide Web adalah salah satu aplikasi yang berjalan di atasnya.

Internet terdiri dari jutaan perangkat komputer yang terhubung secara global melalui berbagai jejaring dan protokol komunikasi. Dengan menggunakan Internet, pengguna dapat saling berkomunikasi, membagikan data, mengakses berbagai layanan, dan menjelajahi sumber daya informasi yang tak terbatas.

Sementara itu, e-commerce atau perdagangan elektronik merujuk pada kegiatan bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui internet. E-commerce telah mengubah cara kita berbelanja dan berbisnis. Dengan e-commerce, transaksi jual beli dapat dilakukan secara online tanpa harus berada di tempat fisik. Pengguna dapat melakukan pembelian produk atau jasa, membayar secara elektronik, dan mengatur pengiriman atau pengambilan barang dengan mudah.

E-commerce juga memungkinkan pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas, mengoptimalkan proses bisnis, dan menghubungkan dengan pelanggan potensial di berbagai belahan dunia. Berbagai jenis e-commerce meliputi penjualan langsung konsumen (B2C), penjualan antara bisnis (B2B), lelang online, serta berbagi informasi dan layanan.

Perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat telah membawa industri e-commerce menjadi salah satu sektor yang paling berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Keamanan transaksi dan perlindungan data pengguna menjadi tantangan terus-menerus bagi para pelaku e-commerce, namun dengan inovasi dan teknologi yang terus berkembang, masa depan e-commerce masih cerah.

BACA JUGA :   apa itu e commerce gateway

Leave a Reply