apa yang dimaksud dengan eft dan edi pada e-commerce

0Shares

EFT singkatan dari Electronic Funds Transfer, yang dalam bahasa Indonesia berarti Transfer Dana Elektronik. EFT merujuk pada proses transfer dana secara elektronik antara dua rekening bank. Dalam konteks e-commerce, EFT digunakan untuk melakukan pembayaran secara elektronik dalam transaksi online.

Sementara itu, EDI singkatan dari Electronic Data Interchange, yang secara harfiah berarti pertukaran data elektronik. EDI adalah sistem yang memungkinkan pertukaran dokumen bisnis elektronik antara pihak yang terlibat dalam transaksi e-commerce, seperti pemasok, produsen, dan pelanggan. Melalui EDI, dokumen-dokumen seperti pesanan pembelian, faktur, dan konfirmasi pengiriman dapat dikirim secara elektronik dengan standar format yang telah ditentukan.

Dalam e-commerce, EFT dan EDI memiliki peran penting dalam mempermudah dan mempercepat proses transaksi antara penjual dan pembeli. EFT memungkinkan pembayaran dilakukan secara online tanpa perlu menggunakan metode pembayaran tradisional seperti cek atau transfer bank melalui teller. Sementara itu, EDI membantu mengurangi ketergantungan pada korespondensi fisik dan memungkinkan pertukaran data yang akurat dan efisien antara pihak-pihak yang terlibat.

Dengan adanya EFT dan EDI, e-commerce menjadi lebih efisien, cepat, dan dapat meningkatkan produktivitas bisnis. Proses pembayaran yang dapat dilakukan secara elektronik melalui EFT, serta pertukaran data yang terstruktur melalui EDI, memperkuat infrastruktur e-commerce dan menciptakan pengalaman layanan yang lebih baik bagi pelanggan.

BACA JUGA :   apa peluang e commerce di indonesia

Leave a Reply