apa yang dimaksud dengan animasi shape tween

0Shares

Animasi Shape Tween adalah salah satu teknik dalam membuat animasi di mana bentuk objek berubah secara lancar dari bentuk awal ke bentuk akhir. Secara umum, tweening adalah singkatan dari “in-betweening” yang mengacu pada metode mengisi ruang antara dua frame eksplisit dalam animasi.

Dalam konteks animasi Shape Tween, objek yang berubah bentuk biasanya terdiri dari objek vektor atau bentuk geometris yang dibuat menggunakan perangkat lunak animasi vektor seperti Adobe Flash atau Adobe Animate. Dengan menggunakan Shape Tween, animator dapat menciptakan transisi yang mulus antara dua bentuk yang berbeda, sehingga menciptakan ilusi perubahan bentuk secara alami dan lancar.

Proses pembuatan animasi Shape Tween melibatkan beberapa langkah. Pertama, animator membuat bentuk awal dan bentuk akhir yang diinginkan dari objek. Kemudian, perangkat lunak animasi menggunakan algoritma interpolasi untuk mengisi perubahan bentuk antara kedua frame tersebut. Interpolasi ini melibatkan pemetaan titik-titik atau vertex dari objek yang berubah bentuk, sehingga menciptakan perubahan yang semakin halus.

Untuk mencapai hasil yang memuaskan, animator perlu mengatur parameter animasi seperti durasi, kecepatan, dan jenis interpolasi yang digunakan. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kualitas penyesuaian bentuk antara kedua frame agar menghasilkan animasi yang mulus dan menarik.

Animasi Shape Tween telah banyak digunakan dalam industri game dan film animasi untuk menciptakan perubahan bentuk karakter, efek transformasi, dan gerakan fluida dalam dunia digital. Keahlian dalam teknik ini sangat penting bagi para profesional game technology untuk menciptakan animasi yang atraktif dan memukau.

BACA JUGA :   bagaimana membuat animasi di tekla

Leave a Reply