apa yang dimaksud b2b commerce

0Shares

B2B Commerce (Business-to-Business Commerce) adalah istilah yang merujuk pada proses perdagangan antara dua perusahaan atau bisnis. Dalam konteks ini, transaksi dan pertukaran produk atau jasa dilakukan antara dua entitas bisnis, bukan dengan konsumen akhir.

B2B Commerce melibatkan penjualan, pembelian, dan hubungan bisnis antara produsen, distributor, grosir, dan perusahaan-perusahaan lain. Ini berbeda dengan B2C Commerce (Business-to-Consumer Commerce), di mana transaksi terjadi antara bisnis dan konsumen akhir.

Dalam B2B Commerce, perusahaan biasanya menjual produk atau jasa dalam jumlah besar atau dalam skala yang lebih besar dibandingkan dengan B2C Commerce. Transaksi ini juga cenderung lebih kompleks, melibatkan proses negosiasi, siklus penjualan yang lebih panjang, dan ada kemungkinan adanya kustomisasi produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan mitra bisnis.

Platform B2B Commerce atau portal e-niaga B2B digunakan sebagai sarana untuk memfasilitasi transaksi antara berbagai perusahaan. Dalam platform ini, perusahaan dapat mencari mitra bisnis, berbagi informasi produk, menawarkan harga dan kondisi pembelian, serta menyelesaikan proses pembayaran dan pengiriman.

B2B Commerce telah mendapatkan popularitas yang signifikan dengan kemajuan teknologi dan internet. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengembangan pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, dan mencapai peningkatan profitabilitas melalui efektivitas penjualan.

Dengan demikian, B2B Commerce berperan penting dalam memfasilitasi pertumbuhan dan kelangsungan bisnis antara perusahaan-perusahaan di berbagai sektor industri. Keberhasilannya bergantung pada inovasi teknologi, efisiensi, dan kolaborasi yang kuat antara mitra bisnis.

BACA JUGA :   what is product mapping in e commerce

Leave a Reply