apa saja yg termasuk big data

0Shares

Big data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan volume data yang sangat besar dan kompleks yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan yang memerlukan pengolahan khusus untuk mengakses, menganalisis, dan mendapatkan wawasan yang berarti. Ada beberapa hal yang termasuk dalam big data, antara lain:

1. Volume: Big data memiliki volume yang sangat besar, yang berarti jumlah data yang dikumpulkan dalam setiap kejadian sangat besar. Data ini biasanya tidak memiliki format yang terstruktur dan memiliki potensi untuk terus bertambah ukurannya seiring waktu.

2. Variety: Big data juga mencakup berbagai jenis data. Dalam banyak kasus, data tidak hanya berupa angka, tetapi bisa juga berupa teks, gambar, audio, video, dan bahkan data yang dihasilkan dari sensor-sensor pada Internet of Things (IoT).

3. Velocity: Big data dihasilkan dan disebarkan dengan kecepatan yang tinggi. Data bisa datang secara real-time atau hampir real-time, seperti data yang dihasilkan melalui media sosial, sensor-sensor, atau perangkat-perangkat yang terhubung dengan internet.

4. Variability: Big data juga dapat bervariasi dalam hal struktur dan nilai. Data ini mungkin tidak memiliki format yang terstruktur dan bisa berubah-ubah dalam hal kualitas dan keakuratan.

5. Veracity: Big data sering kali menghadirkan tantangan dalam hal keakuratan dan kualitas data. Dalam data yang sangat besar, kemungkinan terdapat kesalahan atau ketidakakuratan yang perlu diatasi agar data tersebut dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan.

6. Value: Nilai dari big data terletak pada kemampuannya untuk memberikan wawasan yang berharga. Dengan analisis yang tepat, data ini dapat mengungkap tren, pola, dan informasi penting yang dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategi yang lebih efektif.

BACA JUGA :   how to learn big data analytics

Dalam rangka memahami dan memanfaatkan potensi dari big data, teknologi dan metode seperti machine learning, data mining, analisis prediktif, dan cloud computing sering digunakan.

Leave a Reply