apa saja yang dipelajari dalam jurusan e commerce

0Shares

Jurusan e-commerce adalah disiplin ilmu yang membahas tentang electronic commerce atau perdagangan elektronik. Dalam jurusan ini, para mahasiswa akan belajar mengenai berbagai aspek yang terkait dengan bisnis online dan teknologi informasi.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan e-commerce antara lain:

1. Dasar-dasar e-commerce: Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar e-commerce, termasuk sejarah, perkembangan, dan prinsip-prinsip yang mendasari perdagangan elektronik.

2. Manajemen strategis e-commerce: Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengembangkan strategi bisnis yang efektif dalam ranah e-commerce, termasuk analisis pasar, pengembangan produk, pemasaran digital, dan perencanaan bisnis.

3. Sistem Informasi Perdagangan Elektronik: Mahasiswa akan belajar tentang teknologi informasi yang digunakan dalam e-commerce, seperti platform perdagangan elektronik, infrastruktur jaringan, serta aspek keamanan dan privasi.

4. Pemasaran digital: Mata kuliah ini membahas tentang strategi pemasaran yang efektif dalam dunia online, termasuk penggunaan media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan digital, dan analisis data untuk mengoptimalkan hasil penjualan.

5. Pengelolaan rantai pasok e-commerce: Mahasiswa akan mempelajari tata kelola rantai pasok dalam konteks e-commerce, termasuk manajemen persediaan, logistik, penanganan pesanan, serta integrasi sistem dan proses.

6. Keamanan dan privasi e-commerce: Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa akan belajar tentang keamanan cyber dan strategi perlindungan data dalam konteks e-commerce, termasuk penggunaan sertifikat digital, enkripsi, serta hukum dan etika dalam perdagangan elektronik.

Selain materi-materi tersebut, pelajaran dalam jurusan e-commerce juga dapat melibatkan studi kasus, proyek-proyek praktis, dan praktik industri yang memberikan pengalaman sejati dalam mengelola bisnis online. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari jurusan e-commerce, lulusan diharapkan bisa menjadi profesional yang sukses di dunia perdagangan elektronik.

BACA JUGA :   how to create e commerce android app

Leave a Reply