apa perbedaan e commerce dan marketplace

0Shares

Tentu, saya akan menjawab pertanyaan Anda mengenai perbedaan antara e-commerce dan marketplace.

E-commerce adalah suatu bentuk perdagangan elektronik yang melibatkan proses jual beli produk atau layanan secara online melalui suatu platform web atau aplikasi. E-commerce memungkinkan pelanggan untuk membeli produk dari suatu toko secara langsung, dengan pembayaran elektronik dan pengiriman produk ke alamat yang ditentukan.

Sementara itu, marketplace merupakan platform online di mana berbagai penjual dapat menjual produk mereka kepada berbagai pembeli. Marketplace berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli, menghubungkan mereka melalui satu platform. Di marketplace, pelanggan dapat membandingkan berbagai penawaran dari berbagai penjual, memilih produk yang diinginkan, dan melakukan pembelian.

Perbedaan utama di antara keduanya adalah, e-commerce lebih fokus pada satu usaha bisnis tunggal yang menjual produk sendiri kepada pelanggan, sementara marketplace lebih menghubungkan beberapa penjual yang berbeda dengan banyak pembeli yang mencari berbagai produk. E-commerce memiliki toko online eksklusif untuk brand tertentu, sedangkan marketplace mengumpulkan berbagai penjual di satu platform.

Selain itu, dalam e-commerce, transaksi dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan di marketplace, transaksi melibatkan pihak ketiga, yaitu marketplace itu sendiri sebagai pemfasilitas proses jual beli.

Terakhir, e-commerce sering kali lebih cocok untuk bisnis dengan brand yang mapan dan berfokus pada pemasaran produk mereka sendiri, sementara marketplace merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan jangkauan yang lebih besar, karena konsumen dapat menemukan berbagai produk dari berbagai penjual di satu tempat.

Demikianlah perbedaan antara e-commerce dan marketplace. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda dalam memahami kedua konsep tersebut dengan lebih baik.

BACA JUGA :   bagaimana membuat manajemen key performance indicators e-commerce.ppt

Leave a Reply