apa perbedaan e commerce dan e business

0Shares

Perbedaan antara e-commerce dan e-business terletak pada ruang lingkup dan fokus utama dari masing-masing konsep tersebut. E-commerce, singkatan dari elektronik commerce, adalah bentuk perdagangan elektronik yang melibatkan transaksi jual-beli produk atau layanan melalui jaringan internet. Secara khusus, e-commerce terkait dengan transaksi jual-beli online yang berorientasi pada konsumen.

Di sisi lain, e-business, singkatan dari elektronik business, mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan semua aspek bisnis suatu perusahaan. Perhatian utama e-business adalah penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan proses bisnis, menyediakan solusi TI bagi perusahaan, dan memperluas cakupan operasionalnya.

Jadi, perbedaan mendasar antara e-commerce dan e-business terletak pada fokus utama mereka. E-commerce lebih berfokus pada aspek transaksi online, seperti jual-beli produk atau layanan, pembayaran elektronik, dan logistik pengiriman barang. Sementara itu, e-business lebih menyeluruh dan meliputi semua aktivitas bisnis yang ditingkatkan atau didukung oleh teknologi informasi, termasuk pemasaran, manajemen rantai pasok, layanan pelanggan, dan proses internal perusahaan.

Secara singkat, e-commerce adalah bagian dari e-business yang khusus berurusan dengan transaksi jual-beli online, sedangkan e-business mencakup semua penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis secara menyeluruh. Baik e-commerce maupun e-business memiliki peran penting dalam dunia bisnis modern, membuka peluang baru dan mengubah cara kita berinteraksi dengan konsumen serta menjalankan operasional perusahaan.

BACA JUGA :   apa saja e commerce di indonesia

Leave a Reply