apa perbedaan animasi motion guide dan animasi motion tween

0Shares

Perbedaan mendasar antara animasi motion guide dan animasi motion tween adalah metode pengendalian pergerakan objek dalam animasi tersebut.

Animasi motion guide melibatkan penggunaan jalur panduan (guide path) yang harus ditentukan dengan cermat sebelum animasi dimulai. Objek yang dianimasikan akan mengikuti jalur panduan tersebut, sehingga gerakan objek dapat diprediksi dan diperencanaan dengan lebih rinci. Animasi motion guide menawarkan tingkat presisi dan kontrol yang tinggi, namun memerlukan waktu dan upaya lebih untuk menciptakan jalur panduan yang tepat.

Di sisi lain, animasi motion tween melibatkan perubahan posisi, skala, atau orientasi objek dari satu titik ke titik lain secara otomatis. Dalam animasi ini, hanya dua titik kunci yang diperlukan, yaitu titik awal dan titik akhir objek. Pergerakan objek diantara dua titik tersebut akan diatur oleh perangkat lunak animasi. Animasi motion tween lebih mudah dibuat dan diubah dibandingkan motion guide, namun tingkat kontrolnya lebih terbatas.

Dalam kesimpulannya, animasi motion guide membutuhkan jalur panduan yang ditentukan dan menyediakan kontrol yang lebih besar terhadap pergerakan objek. Sementara animasi motion tween hanya memerlukan titik awal dan akhir objek, serta menyediakan kemudahan dalam pembuatan animasi namun memiliki kontrol yang lebih terbatas.

BACA JUGA :   apa animasi d

Leave a Reply