apa pengertian b-to-b e-commerce

0Shares

Bisnis ke bisnis (B2B) e-commerce adalah suatu model perdagangan elektronik di mana transaksi jual-beli dilakukan antara dua atau lebih perusahaan melalui platform online. Dalam B2B e-commerce, perusahaan menggunakan teknologi internet untuk melakukan aktivitas perdagangan, seperti pemesanan, pembayaran, dan pengiriman, antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Pengertian B2B e-commerce bisa juga didefinisikan sebagai suatu sistem yang menghubungkan produsen, distributor, pemasok, dan pengecer dalam ekosistem online, sehingga mereka dapat menjalankan interaksi bisnis secara lebih efisien dan efektif. Dalam hal ini, platform B2B e-commerce berperan sebagai perantara yang menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk memfasilitasi transaksi bisnis antar perusahaan.

Para pelaku bisnis dapat menggunakan B2B e-commerce untuk membuka pasar baru, menjangkau mitra bisnis potensial di seluruh dunia, meningkatkan efisiensi dalam rantai pasok, serta mengurangi biaya operasional secara keseluruhan. Platform B2B e-commerce juga biasanya menyediakan fungsi yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan pencarian produk, membandingkan harga, melacak pesanan, dan mendapatkan informasi yang relevan untuk membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Dalam era yang serba digital ini, perkembangan B2B e-commerce semakin pesat dan menjadi strategi penting bagi perusahaan dalam memperluas pangsa pasar dan mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih besar. Melalui kemampuan teknologi, B2B e-commerce telah membuka peluang baru untuk kolaborasi dan inovasi di dalam dunia bisnis, sehingga menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan teknologi informasi.

BACA JUGA :   how to start b2b e-commerce

Leave a Reply