apa nama animasi yang di digambar 2d

0Shares

Dalam dunia game teknologi, salah satu animasi yang sering digunakan adalah animasi 2D. Animasi 2D merujuk pada teknik penggambaran gambar yang terbatas pada bidang dua dimensi, tanpa efek tiga dimensi. Seiring perkembangan teknologi, ada banyak nama yang muncul untuk menggambarkan jenis animasi 2D ini.

Beberapa nama yang umum digunakan untuk animasi 2D antara lain sebagai berikut:

1. Traditional Animation (Animasi Tradisional): Merupakan metode animasi yang menggambarkan pergerakan objek frame-by-frame pada kanvas atau media yang diinginkan. Contoh terkenal dari animasi tradisional adalah Disney’s hand-drawn animation, seperti dalam film-film “The Lion King” atau “Beauty and the Beast”.

2. Cel Animation (Animasi Cel): Teknik ini menggabungkan elemen gambar yang diarsir pada sel transparan atau cel, kemudian dimainkan secara berurutan untuk menciptakan pergerakan. Metode ini sering digunakan dalam animasi film kartun atau serial televisi dengan karakter yang tetap. Contoh yang terkenal adalah “Tom and Jerry” atau “Looney Tunes”.

3. Cut-out Animation (Animasi Potong): Metode ini melibatkan penggunaan bagian-bagian terpisah dari karakter atau gambar yang dipotong secara individual, kemudian digerakkan untuk menciptakan efek animasi. Misalnya, gambar karakter dipotong menjadi kepala, lengan, kaki, dan lainnya, lalu dioleskan pada pin atau kanvas agar bisa digerakkan. Contoh animasi potong yang terkenal adalah “South Park”.

4. Motion Graphics (Grafis Gerak): Animasi ini fokus pada elemen-elemen grafis dan efek visual yang bergerak secara dinamis, seperti teks, logo, atau elemen desain lainnya. Motion graphics sering digunakan dalam pembuatan intro video game, trailer, atau dalam antarmuka pengguna.

5. Sprite Animation (Animasi Sprite): Sprite animation adalah teknik animasi yang menggunakan rangkaian gambar-gambar kecil yang disebut sprite untuk membuat pergerakan karakter atau objek dalam game. Setiap sprite mewakili suatu pose atau frame pergerakan yang diperlihatkan secara berurutan. Animasi sprite sering ditemukan dalam game-game retro atau game platformer klasik seperti “Super Mario” atau “Sonic the Hedgehog”.

BACA JUGA :   bagaimana cara membuat animasi gif di web

Demikianlah beberapa nama animasi 2D yang umum digunakan dalam industri game teknologi. Tentunya masih banyak variasi lainnya tergantung pada gaya dan kebutuhan proyek animasi yang sedang dikerjakan.

Leave a Reply