apa itu url web

0Shares

URL (Uniform Resource Locator) secara sederhana adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu sumber daya di internet, seperti halaman web, gambar, video, atau file lainnya. URL berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan pengguna dengan situs web yang ingin mereka kunjungi.

Secara rinci, URL terdiri dari beberapa komponen. Pertama, ada skema protokol (http, https, ftp, dan sebagainya) yang menunjukkan jenis koneksi yang digunakan saat mengakses sumber daya. Selanjutnya, ada domain yang merupakan nama unik yang mengidentifikasi situs web tertentu. Domain ini juga bisa diikuti dengan subdomain jika situs tersebut memiliki beberapa subbagian.

Setelah domain, ada path yang menentukan direktori atau file spesifik yang ingin diakses. Bagian ini dapat mencakup berbagai level direktori dan nama file. Kemudian, ada kueri (query), yang biasanya dimulai dengan tanda tanya (?) dan digunakan untuk mengirimkan parameter tambahan kepada server tujuan. Terakhir, ada fragmen (fragment) yang ditandai dengan tanda pagar (#) dan mengacu pada bagian spesifik di dalam sumber daya yang diakses.

URL web adalah alamat yang digunakan untuk mengakses halaman web di internet. Dengan menggunakan URL, kita dapat memasukkan alamat situs web ke dalam browser kita, sehingga dapat langsung mengakses dan menampilkan halaman web yang diinginkan. Dalam hal ini, URL berperan sebagai identitas unik yang memungkinkan kita untuk menjelajahi dan mengakses berbagai sumber daya yang ada di web secara efisien dan mudah.

BACA JUGA :   apa itu web server apache

Leave a Reply