apa itu trend big data dan data lake

0Shares

Trend big data adalah fenomena yang berkaitan dengan pengumpulan, penyimpanan, dan analisis data dalam jumlah besar yang diperoleh dari berbagai sumber, termasuk perangkat mobile, sensor internet, media sosial, dan sejenisnya. Konsep ini menjadi tren bagi perusahaan dan organisasi yang ingin memanfaatkan informasi yang terkandung dalam data untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan mengoptimalkan kinerja mereka.

Data lake adalah sebuah konsep arsitektur penyimpanan data yang memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber secara terpusat tanpa harus melakukan pemodelan atau transformasi data saat masuk. Data dalam data lake dapat bersifat terstruktur, setengah terstruktur, atau tidak terstruktur, dan dapat diakses oleh berbagai departemen dan sistem di dalam organisasi.

Kombinasi antara trend big data dan data lake memberikan kesempatan bagi perusahaan dan organisasi untuk memanfaatkan potensi besar data yang mereka miliki. Dengan mempertahankan data dalam bentuk mentahnya dalam data lake, perusahaan dapat menjaga fleksibilitas akses dan analisis yang lebih luas serta mengurangi ketergantungan pada pemodelan data yang kompleks. Melalui teknologi pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, perusahaan dapat mengeksplorasi data lake mereka untuk menggali wawasan berharga yang dapat meningkatkan inovasi, efisiensi, dan daya saing di pasar.

BACA JUGA :   how to get big data

Leave a Reply