apa itu l commerce

0Shares

E-commerce, atau dikenal juga sebagai perdagangan elektronik, adalah suatu bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan secara online melalui internet. Dalam e-commerce, proses jual beli atau pertukaran barang dan jasa dilakukan secara elektronik, tanpa adanya pertemuan fisik antara penjual dan pembeli.

L-commerce, singkatan dari “local commerce”, adalah istilah yang merujuk pada perdagangan elektronik yang berfokus pada kegiatan jual beli produk dan jasa di tingkat lokal atau regional. Dalam l-commerce, platform online digunakan untuk memfasilitasi transaksi antara pelanggan dan penjual yang beroperasi di daerah yang sama.

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, l-commerce menjadi semakin relevan karena memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan dari penjual lokal dengan lebih mudah melalui platform online. L-commerce juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan peluang kepada para pengusaha lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

Salah satu contoh popularitas l-commerce adalah platform-platform perdagangan online seperti marketplace lokal yang telah berkembang di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Melalui platform ini, pengguna dapat menjual dan membeli berbagai produk dan jasa secara online dengan penjual yang beroperasi di wilayah yang sama.

Dalam l-commerce, terdapat beragam jenis model bisnis, termasuk B2C (Business-to-Consumer), C2C (Consumer-to-Consumer), dan B2B (Business-to-Business). Dalam model B2C, pengusaha lokal dapat membuka toko online untuk menjual produk dan jasa kepada konsumen akhir. Dalam model C2C, individu dapat menjual barang-barang bekas atau buatan sendiri kepada konsumen lainnya. Sedangkan dalam model B2B, bisnis lokal dapat berkolaborasi dan menjual produk atau jasa kepada bisnis lain.

Dengan pertumbuhan teknologi dan adopsi yang semakin luas terhadap e-commerce di Indonesia, l-commerce juga meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi konsumen untuk mendapatkan produk dan jasa lokal. Ia juga mendorong perkembangan ekonomi lokal serta membuka banyak peluang baru bagi pengusaha lokal untuk mengembangkan usaha mereka di dunia digital.

BACA JUGA :   bagaimana langkah sukses membangun bisnis e-commerce beserta contoh

Jadi, dapat disimpulkan bahwa l-commerce adalah sebuah konsep perdagangan elektronik yang mengacu pada kegiatan jual beli produk dan jasa secara online di tingkat lokal atau regional. Ia memungkinkan penyedia jasa dan pelanggan yang beroperasi di wilayah yang sama untuk saling terhubung dan melakukan transaksi di platform online.

Leave a Reply