apa itu big data analytic dan data mining

0Shares

Big data analytic adalah proses pengumpulan, pemrosesan, dan analisis terhadap jumlah data besar atau kompleks untuk mengungkap pola dan informasi yang berharga. Tujuannya adalah untuk memahami tren, mengidentifikasi hubungan yang tersembunyi, dan menghasilkan wawasan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam big data analytic, data yang dikumpulkan berasal dari berbagai sumber, seperti rekaman transaksi, sensor internet of things, media sosial, dan log file, yang kemudian dianalisis menggunakan algoritma dan teknik tertentu.

Data mining, di sisi lain, merujuk pada proses ekstraksi informasi yang berharga atau pola yang tersembunyi dari kumpulan data. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pola yang konsisten dan dapat diprediksi dalam data yang ada. Data mining melibatkan penerapan berbagai teknik dan model prediktif untuk mengungkapkan informasi baru yang mungkin tidak terlihat secara primitif.

Dalam praktiknya, big data analytic dan data mining sering saling terkait dan saling melengkapi. Proses big data analytic membutuhkan pendekatan data mining untuk mengungkap pola-pola yang berharga dari data yang besar dan kompleks. Data mining, di sisi lain, memanfaatkan big data analytic untuk menganalisis volume data yang besar dan memperoleh wawasan yang mendalam.

Kedua konsep ini menjadi sangat penting dalam era digital saat ini, di mana kita memiliki akses ke jumlah data yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan menggunakan big data analytic dan data mining, organisasi dapat mengoptimalkan proses bisnis mereka, meningkatkan keputusan strategis, dan memaksimalkan nilai dari data yang mereka miliki.

BACA JUGA :   how to see how big data for window 10 update

Leave a Reply