apa itu 8v big data

0Shares

8V Big Data adalah konsep yang digunakan untuk menggambarkan salah satu karakteristik utama dari data dalam teknologi game. Istilah “8V” mengacu pada Volume, Variety, Velocity, Veracity, Value, Visualization, Validity, dan Vocality.

Volume menggambarkan jumlah besar data yang dihasilkan di dalam permainan, seperti data sensor, data transaksi, dan data pengguna. Variety berarti data dalam game dapat berasal dari berbagai sumber, seperti teks, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya. Velocity menggambarkan kecepatan di mana data dihasilkan dalam game. Data dapat dihasilkan dengan sangat cepat, terutama dalam game multiplayer online atau game real-time.

Veracity berhubungan dengan keandalan dan integritas data dalam game. Ini kemudian menjadi penting dalam melindungi data pengguna dari ancaman keamanan atau manipulasi. Value mengacu pada nilai yang dapat diekstraksi dari data dalam game untuk meningkatkan pengalaman pemain, mengoptimalkan operasional, atau merancang konten yang lebih menarik.

Visualization menggambarkan cara data dalam game dapat diwujudkan dalam bentuk visual atau grafik yang dapat dimengerti oleh pengguna. Validity berkaitan dengan keabsahan dan akurasi data dalam game.

Terakhir, Vocality menggambarkan kemampuan data untuk diintegrasikan dengan teknologi suara dalam game, seperti pengenalan suara atau sintesis suara.

Dengan memahami dan mengelola 8V Big Data ini, pengembang game dapat melacak perkembangan game mereka, meningkatkan pengalaman pengguna, dan memaksimalkan potensi game mereka dengan cara yang kreatif dan inovatif.

BACA JUGA :   apa yang dimaksud dengan big data dan data science

Leave a Reply