apa fungsi web server

0Shares

Web server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan mengirimkan konten website kepada pengguna melalui internet. Fungsi utama dari web server adalah menjalankan aplikasi web, mengelola database, dan memproses permintaan dari pengguna.

Sebagai bagian dari sistem komunikasi di internet, web server berperan sebagai pusat informasi dari sebuah website. Ketika pengguna mengakses sebuah website melalui browser, web server akan menerima permintaan tersebut dan mengirimkan konten website yang diminta kepada pengguna.

Web server juga bertanggung jawab untuk menyimpan file-file yang membentuk sebuah website, seperti HTML, CSS, JavaScript, gambar, dan video. Dengan adanya web server, pengguna dapat mengakses dan menjelajahi berbagai jenis website yang ada di internet.

Selain itu, web server juga dapat digunakan untuk menyediakan fitur-fitur seperti login, pengelolaan data pengguna, interaksi dengan database, dan pengiriman email melalui aplikasi web.

Dalam dunia teknologi, web server menjadi komponen krusial dalam infrastruktur internet. Kecepatan, kehandalan, dan keamanan web server sangat penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik saat mengakses website.

BACA JUGA :   apa perbedaan antara web dan gopher

Leave a Reply