apa bedanya e-business dengan e-commerce

0Shares

E-business dan e-commerce adalah dua istilah yang sering kita dengar dalam dunia teknologi. Meskipun keduanya terkait dengan bisnis yang dilakukan secara online, mereka memiliki perbedaan yang penting.

Secara sederhana, e-commerce mengacu pada aktivitas jual beli barang dan jasa melalui internet. Ini mencakup platform online seperti situs web, aplikasi seluler, atau pasar online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. E-commerce adalah bagian dari e-business, yang lebih luas dalam cakupan dan melibatkan berbagai aspek bisnis.

E-business, di sisi lain, mencakup semua aktivitas bisnis yang dilakukan secara elektronik. Selain transaksi jual beli, e-business juga mencakup aspek-aspek lain seperti manajemen rantai pasokan, pemasaran digital, layanan pelanggan online, analisis data, dan strategi bisnis. Ini mencakup penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan semua fungsi bisnis.

Jadi, sementara e-commerce fokus pada kegiatan transaksi jual beli online, e-business melibatkan aktivitas yang lebih luas dalam lingkup bisnis. E-business memiliki komponen yang lebih besar, yang tidak hanya mencakup platform e-commerce tetapi juga proses bisnis lainnya yang dioptimalkan melalui penggunaan teknologi.

Pada intinya, e-commerce adalah bagian dari e-business, dengan e-business mencakup berbagai aspek bisnis yang melibatkan teknologi digital. Keduanya memiliki peran penting dalam dunia bisnis modern, membantu perusahaan untuk mengembangkan dan mengelola operasi mereka secara efisien melalui platform online.

BACA JUGA :   apa itu diploma commerce

Leave a Reply