apa artinya sebuah animasi dengan frame rate 10 fps

0Shares

Sebuah animasi dengan frame rate 10 fps berarti bahwa dalam satu detik, terdapat 10 gambar yang diputar secara berurutan dalam animasi tersebut. Frame rate atau ‘kecepatan bingkai’ ini mengacu pada jumlah gambar yang ditampilkan dalam satu detik dalam animasi atau permainan.

Frame rate yang lebih tinggi, seperti 60 fps, memberikan tampilan yang lebih halus dan nyata karena memberikan jumlah bingkai yang lebih besar dalam satu detik. Sebaliknya, dengan frame rate 10 fps, animasi akan terlihat jauh lebih kasar dan kurang halus.

Dalam industri game dan animasi, frame rate menjadi penting karena dapat mempengaruhi pengalaman visual pengguna dan kekinian suatu karya. Semakin tinggi frame rate, semakin mulus dan realistis tampilan animasi tersebut.

Namun, ada saat-saat di mana frame rate yang lebih rendah dapat dipilih secara sengaja, terutama untuk mencapai estetika tertentu atau efek artistik yang diinginkan. Misalnya, beberapa game retro atau bergaya pixel art mungkin sengaja menggunakan frame rate rendah untuk menciptakan estetika yang nostalgia.

Dalam kesimpulannya, animasi dengan frame rate 10 fps berarti bahwa animasi tersebut akan terlihat kurang mulus dan lebih kasar dibandingkan dengan animasi dengan frame rate yang lebih tinggi. Penting untuk mempertimbangkan frame rate yang sesuai dengan kebutuhan karya dan preferensi visual yang diinginkan.

BACA JUGA :   apa itu konsep animasi

Leave a Reply